Blu-Jek Rilis, Saingan Go-Jek Bukan dari Blue Bird

Blu-Jek Rilis, Saingan Go-Jek Bukan dari Blue BirdArmada Blu-Jek @liputan6.com
Sejak kemunculan layanan transportasi berbasis aplikasi seperti Go-Jek, belakangan ini banyak sekali layanan serupa yang muncul sebagai pesaing. Yang terbaru adalah Blu-Jek.

Pendiri Blu-Jek, Garret Kartono mengatakan, "Peluang selalu terbuka selama ada permintaan pasar yang tinggi dengan ekspektasi yang semakin detail dan personal."

Ia mengaku jika Blu-Jek dan Go-Jek tidak mempunyai perbedaan dari mekanisme bisnis maupun bagi hasilnya, yakni 80 persen untuk pengemudi dan 20 persen bagi perusahaan aplikasi.

Menurut Garret yang berbeda adalah metode pembayaran yang menambahkan e-cash dan Bank Mandiri. "Secara model bisnis sama gak ada yang beda dengan kompetitor lain. Hanya saja kita menambahkan fitur pembayaran dengan menggunakan e cash mandiri," ujarnya.

Garret menambahkan jika pengemudi Blu-Jek hingga sampai saat ini telah mencapai 1000 orang dan telah siap melayani masyarakat Jabodetabek. Ia juga yakin jika jumlah tersebut akan semakin meningkat seiring perkembangan layanan.

Ia mengatakan, "Kita targetkan capai 10 ribu pengojek. Saat ini yang udah siap 1000 pengojek, tapi 5000 sisanya, itu sedang diproses pengajuan pendaftaran."

Selain itu ia juga percaya jika bisnisnya ini bisa menjadi pesaing yang cukup berat bagi layanan serupa. Tak hanya itu, ia bahkan berencana untuk mengembangkan layanan ini hingga ke luar Indonesia.

"Fokus kita untuk go internasional itu Asean, salah satunya kemungkinan di Thailand. Untuk harganya saat ini, kita mulai Rp 20 ribu di lima kilometer pertama, selanjutnya Rp 4000 setiap kilometernya," tutup Garret.

Ia memastikan jika layanan ini akan beroperasi mulai Jumat (18/9/2015) besok.

Disindir mengenai keberadaan Blu-Jek adalah layanan online dari Blue Bird, Garret dengan tegas membantah rumor tersebut.

"Kami berdiri dengan nama PT Blu-Jek Indonesia, dan tidak terafiliasi dengan Blue Bird sebelumnya," ujarnya.

Ia mengatakan jika perusahaannya telah didirikan sejak 4 sampai 5 bulan yang lalu, begitu juga dengan aplikasinya. Selain itu perusahaan Blu-Jek ini ini masih menggunakan dana sendiri (self funding). Sayangnya ia enggan menyebutkan nilai investasi awal.

mks