Tatapan Mata Bikin Jatuh Cinta

Rabu, 16 September 2015 11:30
Tatapan Mata Bikin Jatuh CintaIlustrasi berbicang dan saling menatap @ini-tips.blogspot.com
Saat berbincang dengan seseorang ada baiknya jika Anda juga menatap mata lawan bicara Anda. Sebab, studi ilmiah membuktikan kontak mata saat berbicara mengandung beragam makna dan manfaat positif bagi diri Anda.

Menatap lawan bicara dapat membantu meningkatkan kepercayaan. Para peneliti di University of Amsterdam, Belanda, menemukan bahwa ketika kita memandang lawan bicara, maka akan ada tendensi untuk meniru ukuran bola mata sang lawan bicara. Demikian menurut studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Psychological Science.

Selain itu, perubahan yang terjadi saat menatap mata lawan bicara memiliki kekuatan yang besar dan dampak yang serius kepada keputusan sosial yang Anda buat dengan orang tersebut, misalnya seberapa besar Anda akan mempercayai dia.

Tim psikolog dari Aberdeen University di Skotlandia menemukan bahwa seseorang akan cenderung menemukan seseorang yang dianggap menarik dan memikat apabila mereka saling menatap saat berbicara ketimbang mengalihkan pandangan ke arah lain.

Para peneliti menemukan pula bahwa saling menatap mata saat bicara akan menyentuh sisi narsistik dalam diri Anda. Anda cenderung akan menyukai orang yang menyukai Anda.

Karena kontak mata adalah salah satu tanda Anda tertarik pada seseorang, maka Anda akan cenderung jatuh hati kepada seseorang yang Anda anggap tertarik pada Anda. Melakukan kontak mata saat berbicara juga dapat membantu Anda mendeteksi apakah lawan bicara Anda berbohong atau tidak.

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal on Nonverbal Behavior, seseorang yang memancing Anda untuk mempercayai omongannya akan menciptakan lebih banyak kontak mata ketimbang mereka yang berkata jujur.

Selama ini memang ada pandangan bahwa orang yang berbohong cenderung akan menghindari kontak mata dengan lawan bicara atau mengalihkan pandangan ke arah lain saat berbicara. Akan tetapi, para peneliti menyatakan bahwa kontak mata dengan seseorang dapat menjadi sarana untuk terlihat dapat dipercaya.
(De)
Komentar