Video Suara 'Terompet' di Langit Jakarta

Video Suara 'Terompet' di Langit JakartaLangit Jakarta @jakarta.go.id
Netizen Indonesia belakangan ini dihebohkan dengan video yang tersebar di YouTube. Video yang diambil pada Jumat (11/9/2015) pagi dan berlokasi di Condet, Jakarta tersebut menampilkan suara aneh dari langit.

Suara aneh yang dimaksud adalah mirip suara terompet, demikian ujar sang pengunggah.

Namun demikian Ketua Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan agar masyarakat tidak panik dan menganggapnya hal yang serius.

Dalam sebuah pernyataan tertulis ia mengatakan, "Itu suara dari lingkungan setempat. Tidak ada penjelasan ilmiah untuk dikaitkan dengan fenomena alam."

Thomas juga mengaitkan fenomena tersebut dengan suara pesawat terbang. Karena Condet sendiri adalah lokasi yang dekat dengan Bandara Halim Perdanakusuma.

"Itu bisa jadi. Kemungkinan suara banyak, dari berbagai alat yang menimbulkan suara," ujarnya.

Sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan dari masyarakat terkait video yang dianggapnya mirip terompet tersebut.

Hal ini mengingatkan kita pada fenomena yang terjadi di seluruh dunia beberapa waktu lalu, yakni banyak video yang menunjukkan suara misterius yang bahkan dianggap sebagai suara terompet sangkakala saat itu.

Untuk itu Thomas meminta masyarakat tidak terlalu heboh dengan kemunculan fenomena-fenomena alam yang sebenarnya adalah hal yang wajar.

"Berfikir logis dan merujuk penjelasan ilmiah dari pakar terkait," tutupnya.

mks