Tips Memasak Telur Mata Sapi Sempurna

Senin, 24 Agustus 2015 07:00
Tips Memasak Telur Mata Sapi SempurnaIlustrasi memasak telur mata sapi @id.wikihow.com
Telur mungkin salah satu menu makan yang banyak dipilih oleh banyak orang untuk dijadikan lauk saat sarapan. Memasak telur juga tergolong dalam kategori yang mudah.

Cukup dengan pecahkan telur di atas wajan dan jadilah telur mata sapi goreng. Atau kocok terlebih dulu telur di mangkuk dan masak di wajan hingga menjadi telur orak-arik.

Sebenarnya, telur mata sapi dapat diracik lebih menarik agar terlihat sempurna, tanpa butuh banyak trik.

Seperti yang dikutip dari Huffington Post, pada Kamis (20/8), saat memasak telur mata sapi, selalu gunakan wajan antilengket yang baik.

Gunakan api kecil dan oleskan mentega atau minyak di atas wajan. Untuk hasilkan putih telur yang baik, gunakan clarified butter, sebab mentega biasa mengandung bahan dan campuran susu yang bisa menyebabkan putih telur berubah kecokelatan.

Ada baiknya jika telur yang akan dimasak adalah telur yang segar. Sebab, telur segar membuat putih dan kuning telur mampu mempertahankan bentuk baiknya selama mungkin. Tips ini berguna untuk memasak telur mata sapi yang tidak perlu dibalik untuk mematangkan seluruh telur. Perhatikan tekstur putih telur. Jika masih bergoyang, tunggu sedikit lebih lama.

Untuk telur mata sapi yang dimasak di dua sisi atau sunny side down, gunakan api sedang dan sedikit minyak ketika membalik telur. Masak hingga putih telur kira-kira matang 75 persen. Baru balik telur. Sebelum membalik, pastikan telur tidak lengket di wajan. Jika menempel tambahkan sedikit mentega atau minyak.

Saat telur sudah dibalik, jangan sentuh telur. Jangan juga memindahkan posisi telur. Kuning telur membutuhkan waktu untuk matang, atau malah akan pecah di wajan. Kira-kira balik kembali telur setelah kurang lebih 30 menit.

Nah, itu dia tips untuk membuat telur mata sapi yang sempurna. selamat mencoba ya.
(De)
Komentar