Manfaat Kuning Telur Bagi Kesehatan

Kamis, 03 September 2015 05:00
Manfaat Kuning Telur Bagi KesehatanKuning Telur @wartakesehatan.com
Makan dengan lauk telur akan sangat terasa sempurna lezatnya. Oleh sebab itu, beberapa orang sangat menyukai telur, baik setelah digoreng maupun hanya di masak dengan air.

Namun, seiring dengan berkembangnya diet sehat, jarang orang yang mengonsumsi telur secara utuh, mereka hanya mengonsumsi putih telur saja. Lantas, bagaimana dengan kuning telur itu sendiri, mengapa hanya putih telur yang di konsumsi?

Menurut salah satu pakar, Kelly Plowe, M.S., R.D. Telur adalah makanan sehat yang bisa dikategorikan sebagai makanan super. Ironisnya, telur juga merupakan makanan yang dipandang sebelah mata, karena banyak orang salah paham terhadap kandungan telur. Demikian dilansirdari livestrong.com.

"Telur, khususnya putih telur, seringkali digunakan sebagai makanan untuk diet, karena mengandung banyak protein. Banyak orang yang terkejut saat mengetahui bahwa kuning telur sendiri mengandung 3 gram protein, hampir setengah dari seluruh jumlah protein yang ada dalam telur. Kuning telur memang juga mengandung kolesterol sebanyak 185 mg", Paparnya.

Bukan hanya mengandung protein, kuning telur juga mengandung berbagai nutrisi penting lain seperti vitamin D fosfor, riboflavin, kolin, dan selenium.

"The American Heart Association menyarankan kita semua untuk membatasi asupan kolesterol kurang dari 300 mg per hari. Hal ini berarti, mengonsumsi satu butir telur utuh dalam satu hari, sangat boleh". Tambahnya.

Bagi Anda yang sangat menggemari makanan satu ini, ketika dalam sehari Anda tidak puas jika hanya mengonsumsi satu butir telur, Kelly menyarankan untuk makan telur dengan perbandingan 3:1, yaitu 3 putih telur dan 1 butir telur utuh.

Namun perlu Anda ingat, jika sudah makan telur dalam hari itu, Anda juga tetap harus memperhatikan kandungan kolesterol dalam makanan lainnya.
(De)
Komentar