Penyebab Turunnya Produktivitas di Kantor

Kamis, 06 Agustus 2015 11:00
Penyebab Turunnya Produktivitas di KantorMerasa produktivitas di kantor menurun @jurnal.fajarpagi.net
Pernahkah Anda merasa produktivitas di kantor menurun? Sudah bekerja berjam-jam, namun pencapaian tidak sesuai target bahkan kurang dari sebelum-sebelumnya.

Menurunnya produktivitas terjadi karena banyak sebab. Agar kinerja Anda tidak terus melorot, sebaiknya segera atasi penyebab kendurnya produktivitas Anda.

1. Pengaturan jadwal

Buatlah penjadwalan pekerjaan dan lakukan pengaturan jadwal dengan baik. Sebab penjadwalan waktu sangat penting dan berguna apa lagi bagi Anda yang susah mengatur waktu. Penjadwalan merupakan manajemen waktu untuk mengatur semua aktivitas seperti pekerjaan, pertemuan, dan aktivitas lainnya.

Selain itu, Anda dapat menentukan hal yang menjadi prioritas, bahkan bisa mendapatkan gambaran kasar tentang bagaimana menyelesaikan pekerjaan selama proses perencanaan. Setelah jadwal tersusun, disiplinlah dalam menaatinya.

2. Media Sosial

Disadari atau tidak bunyi notifikasi pada ponsel juga dapat membuat Anda sontak mengalihkan perhatian. Seperti yang dilansir Venusbuzz, bunyi notifikasi email, Twitter, Facebook, dan Instagram yang masuk ke smartphone membuat Anda mengalihkan perhatian sejenak dari pekerjaan.

Sehingga usahakan selama Anda sedang bekerja, ganti nada dering menjadi silent mode agar bunyi notifikasi tidak mengganggu konsentrasi. Kemudian cek media sosial saat sedang istirahat.

3. Terlalu banyak main-main

Coba lakukan introspeksi diri. Apakah ketika di depan komputer, Anda menyelesaikan pekerjaan? Atau malah asyik browsing belanjaan, membaca berita, nonton video di Youtube? Mulai sekarang, hindari browsing tidak penting. Hindari pula mengobrol dengan rekan kerja ketika di jam kerja.

4. Makanan

Makanan yang Anda makan berperan dalam bagaimana tubuh Anda bereaksi. Jika Anda tidak ingin merasa lesu pasca makan siang, jangan makan banyak karbohidrat dan makanan berlemak. Lebih banyak minum air putih dan lakukan sejenak pemindahan pandangan Anda, seperti dari komputer kerja ke taman atau ruangan di sekeliling Anda bekerja.

5. Motivasi diri

Jangan menunggu motivasi datang dengan sendirinya. Sebaliknya, pecut diri Anda dengan motivasi. Anda harus memahami bahwa kemauan dan pengendalian diri adalah hal-hal yang akan membantu dalam menyelesaikan segala sesuatu.
(De)
Komentar