Fakta Ilmiah Penyebab Lubang Pada Keju Swiss

Senin, 01 Juni 2015 15:30
Fakta Ilmiah Penyebab Lubang Pada Keju SwissLubang pada keju Swiss bisa dijelaskan dengan ilmiah @bbc.co.uk

Kelezatan keju Swiss memang tak bisa dipungkiri sebab telah diakui oleh dunia sejak dulu. Keju Swiss terkenal dengan teksturnya yang penuh lubang seperti permukaan bulan. Namun, tahukah Anda penyebab lubang-lubang misterius itu?

Para ilmuwan telah memutar otak untuk mencari penjelasan ilmiah terkait lubang-lubang yang terbentuk pada permukaan keju. Agroscope, lembaga pertanian pemerintah melansir kenyataan yang cukup mengejutkan. Penyebab lubang-lubang itu ternyata berkaitan dengan ember penampungan susu yang digunakan dalam proses pembuatan keju.

Agroscope menjelaskan, saat pembuatan, ada partikel jerami berukuran mikro yang jatuh ke ember penampungan keju. Alhasil, partikel renik itu berkembang dan menjadi lubang-lubang besar saat keju benar-benar matang.

Tapi, proses tersebut hanya terjadi pada saatpembuatan beberapa keju di Swiss, seperti Emmental dan Appenzell, demikian lansir BBC.

Pengamatan itu didasari dari kenyataan lubang-lubang pada keju kini semakin mengecil. Hal ini tak lepas dari penggunaan alat canggih saat pemerahan susu.

Para ilmuwan menarik kesimpulan setelah menguji coba memasukan partikel jerami pada cairan susu dan menunggu keju matang selama 130 hari.

Sebenarnya teori penyebab lubang pada keju sudah disampaikan oleh ilmuwan AS, William Clark sejak 1917 silam. Kala itu industri keju menyebut lubang-lubang itu sebagai mata keju asli, sebab tanpa mata tersebut, sebuah keju akan menjadi buta alias bukan keju orisinil.

(Nay)
Komentar