Studi: Sering Sakit Bikin IQ Rendah

Studi: Sering Sakit Bikin IQ RendahIlustrasi sakit @genheration.com
Sebuah studi di Denmark menyebutkan jika sakit yang sering terjadi pada seseorang bisa menurunkan kecerdasan intelektual atau IQ.

Pada studi yang melibatkan setidaknya 190.000 orang itu disebutkan jika pria dengan kondisi sakit infeksi dan harus dirawat di RS memiliki poin IQ yang lebih rendah 2 poin dibanding poin rata-rata IQ. Sedangkan seseorang yang sering mengalami sakit, IQ-nya akan lebih sedikit hingga 9 poin.

Michael Erikses Benros, MD, Ph.D sang penulis dalam studi tersebut mengatakan jika penyebab menurunnya IQ tersebut adalah karena sakit infeksi yang terjadi akan mengaktifkan sel dalam otak yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal itu membuat fungsi kognitif otak akan beralih pada peningkatan sistem imun itu tadi, demikian dilansir Men's Health.

Bahkan penurunan fungsi kognitif pada otak bisa terjadi secara permanen jika sakit infeksi yang dialami seseorang terjadi dalam waktu yang lama dan terabaikan.

Eriksen menyarankan agar seseorang selalu menjaga kebersihan dan mencuci tangan jika selesai bekerja dan sebelum makan sesuatu, hal itu sebagai pencegahan agar tidak sakit yang disebakan oleh infeksi dan berdampak pada penurunan IQ.
mks