5 Manfaat Bergosip

5 Manfaat BergosipIlustrasi @oss2014.adm.ntu.edu.sg
Para wanita biasanya sangat senang meluangkan waktu lebih untuk bergosip dan membahas tentang banyak hal, terutama saat bertemu dengan teman-temannya.

Bergosip memang pada dasarnya akan menjurus ke pembicaraan tentang keburukan orang lain. Walau kadang kesannya negatif, ternyata ber-gosip bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kok bisa?

Menurut ilmuwan, bergosip mempunyai manfaat untuk fisik dan psikologis seseorang. Peneliti beranggapan bahwa bergosip tak selalu buruk, sebab bisa mengatasi prasangka negatif.

Membicarakan gosip juga bisa membantu mereka menangani stres atau frustrasi dengan cara yang tidak berisiko.

Dikutip dari Boldsky, berikut ini manfaat dari bergosip:

1. Mengurangi frustrasi

Manfaat paling mendasar dari bergosip adalah dapat membantu menghilangkan frustrasi dan prasangka negatif. Namun Anda juga perlu tahu batasan saat bergosip. Jangan sampai karena keasyikan, Anda sendiri yang malah menebar fitnah terkait orang lain.

2. Sadar diri sendiri

Bergosip bisa membuat kita melakukan introspeksi. Mengapa demikian? Sebab saat kita mengkritik tentang keburukan orang lain, secara tak langsung kita akan berusaha memperbaiki diri agar tak berkelakuan buruk seperti orang lain.

3. Menciptakan relasi

Secara langsung atau tidak langsung, ketika bergosip kita akan menjadi lebih dekat dengan orang lain karena bergosip bisa jadi sarana untuk bertukar pikiran.

4. Bebas berpikir

Seperti poin sebelumnya, bergosip bisa menciptakan suasana diskusi yang bebas di mana masing-masing orang di dalamnya bebas mengeluarkan pendapat dan menerima pendapat orang lain. Berdasarkan penelitian para ahli, bergosip bisa sangat baik untuk kondisi psikologis.

5. Panjang umur

Manfaat terakhir dari bergosip adalah bisa mencurahkan segala pikiran-pikiran negatif yang selama ini kita pendam. Bila pikiran bebas dari prasangka negatif yang menghantui, kita bisa pelan-pelan menjadi pribadi yang positif, optimis, dan mempengaruhi kebugaran tubuh.
hdk