Tips Hapus Data Secara Permanen di Android

Tips Hapus Data Secara Permanen di AndroidReset Android @youtube.com
Perlu diketahui bagi pengguna smartphone Android, bahwa reset pabrik atau delete all ternyata tidak menghilangkan sepenuhnya data pribadi yang tersimpan. Pernyataan itu dihasilkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan keamanan Avast Software.

Untuk menghilangkan data secara permanen, ternyata melakukan kedua hal itu belum cukup. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan data hingga aman.

1. Enkripsi

Sebelum menghapus semua data, pastikan untuk mengenkripsi perangkat. Proses enkripsi ini akan mengacak data pada perangkat Anda dan diperlukan langkah khusus untuk menguraikan enkripsi tersebut.

Cukup mudah, pada perangkat Android Anda, Anda perlu membuka Setting --> Security --> Encrypt Phone.

2. Reset Pabrik

Resert pabrik bisa dilakukan dengan pergi ke menu Setting --> Back Up and Reset --> lalu pilih Factory Data Reset.

Langkah ini akan menghapus semua data pada perangkat Anda. Jika Anda tidak ingin kehilangan data penting, sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu.

3. Masukkan Data Palsu

Meski langkah pertama dan kedua sudah cukup aman, namun disarankan untuk lebih meningkatkan keamanan data yang telah dihapus, yakni dengan memberikan foto atau kontak palsu pada perangkat yang akan dijual atau dialihkan kepada orang lain.

4. Reset Pabrik Kedua Kali

Pihak yang mempunyai niatan jahat akan dipersulit dengan Anda melakukan reset pabrik yang kedua kali. Hal ini karena data yang di hapus untuk kali kedua ini hanyalah data palsu yang Anda masukkan pada langkah ketiga tadi.

Dengan melakukan keempat langkah tersebut, hampir dipastikan data asli yang telah Anda hapus tidak bisa diuraikan kembali.
mks