Tokyo Jadi Kota Teraman di Dunia, Jakarta Paling Bawah

Rabu, 27 Mei 2015 13:30
Tokyo Jadi Kota Teraman di Dunia, Jakarta Paling BawahKehidupan malam di Kota Tokyo, Jepang @kotaku.com

Ibu Kota Jepang, Tokyo dinobatkan sebagai kota teraman di dunia. Penilaian itu berdasarkan dalam hal keamanan digital, kesehatan, infrastruktur dan keamanan pribadi.

Data yang dikeluarkan oleh Economist Intelligence Unit menilai Tokyo sebagai contoh kota teraman di dunia. Di bawah Tokyo, masih ditempati kota besar dari kawasan Asia, yaitu Singapura dan Osaka.

Adapun peringkat keempat, ditempati Stockholm. Sementara Amsterdam berada di posisi kelima. Dua kota besar dari Australia, yakni Sydney dan Melbourne, juga termasuk dalam daftar sepuluh besar. Adapun Amerika Serikat, hanya menyumbangkan Kota New York sebagai kota teraman.

Tim The Economist menilai 50 kota di dunia. Mereka dipilih berdasarkan representasi daerah dan data yang tersedia.

"Hidup di lingkungan yang sehat dan sehat dapat membuat perbedaan yang nyata dan dapat dirasakan oleh para penduduk kota," tulis sebuah pernyataan dalam laporan tersebut.

Khusus Kota Tokyo, terjadi semacam anomali. Sebab selain menjadi kota teraman, namun Jepang menjadi negara yang rawan terkena gempa. Meski nyawa warganya terancam, namun ancaman itu bukan dari aksi kejahatan.

Nah, untuk membentuk kota dengan tingkat jaminan keselamatan penduduk yang stabil, Dr Michele Acuto dari City Leadership Initiative mengungkapkan, hal itu bisa dicapai apabila didukung dengan kualitas fasilitas.

"Anda harus mengurangi tindak kriminal, namun penting pula meningkatkan keamanan di transportasi. Jika anda ingin kota lebih ramah lingkungan, rancanglah agar kota ramah akan pejalan kaki," jelas Acuto.

Sementara itu, ibukota Indonesia , Jakarta mengisi urutan terakhir dalam ranking 50 Kota.

Berikut adalah 10 Besar Kota Teraman sedunia versi The Economist:

1. Tokyo, Jepang

2. Singapura

3. Osaka, Jepang

4. Stockholm, Swedia

5. Amsterdam, Belanda

6. Sydney, Australia

7. Zurich, Swiss

8. Toronto, Kanada

9. Melbourne, Australia

10. New York, Amerika Serikat

(Nay)
Komentar