Adblock Browser, Peramban Android Bebas Iklan

Jum'at, 22 Mei 2015 12:00
Adblock Browser, Peramban Android Bebas IklanAdblock Browser @venturebeat.com
Menggunakan aplikasi peramban yang ada di smartphone memang tak jarang menampilkan banyak iklan. Jika Anda merasa bosan dengan hadirnya iklan tersebut, Anda sebaiknya mencoba browser yang diklaim bebas dari iklan ini.

Mozilla Firefox memang diketahui telah memiliki ekstensi Adblock Plus yang mampu menangkal hampir semua iklan yang tampil di situs. Namun Adblock Plus untuk Android telah dihapus dari Google Play Store karena dianggap melanggar peraturan dan mengganggu aplikasi lain pada tahun 2013 lalu.

Eyeo, selaku pengembang Adblock memutuskan untuk menerapkan sistem Adblock pada browser hingga ia akhirnya menciptakan browser baru dengan nama Adblock Browser yang dibuat berdasarkan Firefox untuk Android. Adblock Browser juga memiliki fungsi yang sama seperti halnya Firefox.

Eyeo diketahui telah mengirim aplikasi tersebut ke Google, Kamis (21/5) agar bisa dinikmati para pengguna Android. Namun kini Adblock Browser masih belum bisa dinikmati pengguna karena membutuhkan beberapa waktu agar aplikasi tersebut lolos uji coba.

Google yang menghubungi BBC mengatakan jika banyak situs yang menggantungkan pemasukan mereka dari iklan yang ditayangkan. Selain pernyataan tersebut Google masih tidak berkomentar lebih panjang.

Juru bicara Google mengatakan, "Google dan perusahaan internet lain menginvestasikan dana yang besar untuk mengembangkan layanan ini - dan infrastruktur di belakang layar untuk menjalankannya."

Meski belum tersedia di Google Play Store, Adblock Browser bisa diunduh melalui laman komunitas Adblock Plus di tautan ini.

Perlu diingat bahwa untuk bisa memasang aplikasi dari sumber selain Google Play Store, Anda harus mengubah sedikit perubahan pengaturan pada smartphone Android Anda.

Meski masih tersedia dalam versi beta, Eyeo dilaporkan telah menggarap Adblock Browser versi baru dan versi iOS.
(mks)
Komentar