Usai Ikuti UN, Siswi SMP Manado Jadi PSK Dapat Rp 500 Ribu

Usai Ikuti UN, Siswi SMP Manado Jadi PSK Dapat Rp 500 RibuPSK pelajar diamankan petugas polisi @detik.com

Seorang pelajar SMP (15) di Manado diamankan oleh Tim Barracuda Polda Sulawesi Utara (Sulut) sebab menjadi korban perdagangan manusia. Selain bocah SMP itu, polisi juga mengamankan gadis 16 tahun lainnya yang masih SMA.

Adapun pelaku berinisial N (31) yang berprofesi sebagai pekerja hotel ditangkap karena bertindak sebagai germo.

"Setiap kali diperdagangkan, korban mendapatkan Rp 500 ribu," kata Komandan Tim Barracuda Kompol Arya Perdana kepada wartawan di Manado, Rabu (7/5).

Arya mengatakan, penangkapan itu atas informasi dari masyarakat.

"Mendapatkan informasi dari masyarakat, ada praktik prostitusi yang dilakukan seseorang dengan melibatkan anak-anak di bawah umur," kata Arya.

Sementara itu, kepada petugas, N mengaku mendapatkan untung minimal Rp 100-150 ribu. Dia pun mengaku baru mempekerjakan dua PSK masih di bawah umur itu.

"Baru dua anak ini yang digunakan," kata N.

Bisnis haram yang dilakoni N sudah berlangsung selama 3 tahun. Hal ini berdasarkan pengakuan tersangka sendiri.

Berdasarkan laporan yang dilansir Merdeka, dua anak yang menjadi korban tersebut masing-masing masih duduk di bangku sekolah SMP kelas IX yang sedang ikut Ujian Nasional, dan siswi SMA kelas X.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Undang-undang nomor 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang, pasal 2 dan pasal 17 dengan ancaman minimal tiga tahun maksimal 15 tahun penjara, serta denda minimal Rp 150 juta dan maksimal Rp 1,5 miliar.

Nay