Cincin Berlafadz 'Allah' Ditemukan di Kuburan Bangsa Viking

Cincin Berlafadz 'Allah' Ditemukan di Kuburan Bangsa VikingCincin asma Allah ditemukan di kuburan bangsa Viking @rt.com

Penemuan artefak kuno milik bangsa Viking diklaim sebagai bukti bahwa bangsa itu telah bersentuhan dengan kebudayaan Islam. Artefak itu berupa cincin perak bermata ungu dengan asma Allah dalam aksara Arab.

Cincin tersebut ditemukan di makam perempuan dari abad ke-9 di Swedia, yang menjadi kampung halaman bangsa Viking kuno. Lokasi penemuan berlangsung di Birka yang menjadi sentra perdagangan Viking.

Awalnya, cinci itu dikira sebagai batu ametis ungu, namun dipastikan sebuah kaca berwarna, sebuah bahan yang cukup mewah pada masanya.

Peneliti Universitas Stockholm memastikan lafal Allah dalam bahasa Arab itu menggunakan mikroskop laser.

"Satu-satunya cincin tulisan Arab yang ditemukan di situs arkeologis Skandinavia ini merupakan benda unik Swedia dari era Viking," demikian laporan Science News, dilansir dari Daily Mail, Senin (16/3).

Dari literatur sejarah, disebutkan jika bangsa Skandinavia telah melakukan pelayaran keliling samudera dan berdagang sejak 3.400 tahun yang lalu. Mereka memperdagangkan benda-benda terbuat dari kaca yang berasal dari Mesir dan Mesopotamia.

Kesimpulan sementara, bangsa Viking membawa cincin itu dari sana, dan bukan menunggu pedagang dari kawasan Timur Tengah yang berlayar hingga ke daratan Skandinavia.

Naskah kuno yang ditemukan sebelumnya juga menyebut adanya kerjasama perdagangan antara bangsa Viking dan peradaban Islam yang membentang dari Mediterania hingga Asia Barat. Sayangnya, bukti arkeologis dari klaim tersebut sulit ditemukan.

Nay