Jofom, Aplikasi Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK

Kamis, 12 Maret 2015 21:30
Jofom, Aplikasi Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMKJofom @play.google.com
Jobstreet.com yang merupakan perusahaan yang menyediakan informasi lowongan kerja secara resmi mluncurkan Jofom pada Kamis (12/3). Jofom dibuat untuk menyediakan lowongan kerja informal atau bagi siswa yang baru lulus dari bangkuy SMA, SMK atau sekolah tingkatannya.

Simon si Thean Chou, Regional Head Corporate Communication Jobstreet.com saat pembukaan acara peluncuran Jofom, di Jakarta pada Kamis (12/3), mengatakan bahwa, Jofom hadir untuk memenuhi kebutuhan aplikasi kerja sektor informal dan lulusan sekolah menengah."

Chou juga mengatakan bahwa saat ini lulusan SMA yang menjadi calon pekerja sebanyak 19 juta, dan 11 juta orang alumnus sekolah vokasi.

Per Agustus 2014, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jika jumlah pengangguran sebanyak 5,7 persen atau mencapai 7.244.905 orang dari 125,3 juta angkatan kerja secara keseluruhan.

Ironisnya jumlah pengguran tingkat lulusan SMA mencapai 3.295.307 juta orang, yang artinya, kalangan SMA merupakan kalangan yang paling banyak menjadi pengangguran. Pihak Jobstreet yakin aplikasi Jofom akan memiliki potensi yang bagus, mengingat masyarakat Indonesia yang menggunakan internet mencapai 73 juta.

Faridah Lim, selaku Country Manager jobstreet.com menambahkan, aplikasi josfom ini pertama kali di Indonesia untuk menyediakan lowongan khusus lulusan SMA, SMK dan sektor informal. Aplikasi josfom ini sendiri diklaim sangat mudah digunakan, dan tidak dipungut biaya apapun untuk calon pekerja.

Dia juga mengatakan, "Bagi pelamar yang ingin mencoba aplikasi ini bisa mengetik JOFOM di Google Play Store, kemudian pilih install. Setelah berhasil unduh dan instal aplikasi ini, maka Anda diminta untuk mencantumkan nomor ponsel anda yang valid untuk mendapatkan pesan singkat kode verifikasi."

Kemudian pelamar akan diminta memasukkan kode yang sudah diterima dari aplikasi jofom, setelah itu pilih lanjut. Langsung menelpon perusahaan dan melakukan wawancara singkat dan mendapatkan jadwal interview lebih lanjur dapat dilakukan oleh pelamar melalui aplikasi jofom ini.

Lim menambahkan, "Dalam lowongan ini juga dicantumkan gaji yang ditawarkan. Sehingga, pelamar bisa mengetahui apakah gaji yang mereka inginkan sesuai dengan yang ditawarkan."

Lowongan kerja yang terdapat pada aplikasi jofom ini tidak hanya untuk lulusan SMA dan SMK, melainkan juga bidang informal seperti baby sitter, pekerjaan rumah tangga, customer service, hingga SPG. Hal ini membuat aplikasi jofom diklaim akan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Jofom pada saat ini masih dapat menjangkau wilayah Jabodetabek dan provinsi Jawa Barat. Pihak Jofom dalam tahun ini masih menargerkan untuk wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.
(MKS)
Komentar