Cano Cristales, Sungai Pelangi di Kolombia

Senin, 09 Maret 2015 13:45
Cano Cristales, Sungai Pelangi di KolombiaSungai Cano Cristales @mariocarvajal.com
Dikenal dengan 'pelangi cair', sungai Cano Cristales yang berada di Kolombia yang juga dianggap banyak orang sebagai sungai terindah di dunia ini bukanlah sekedar aliran air biasa, melainkan juga terdapat perpaduan ragam warna yang sangat indah.

Macarenia clavigera dan Sierra de la Macarena adalah dua tanaman air tawar yang hanya tumbuh di Sungai Cano Cristales, Tanaman itulah yang mengakibatkan warna spektakuler dari sungai tersebut.

Lumut yang hijau, birunya air, hijaunya tanaman, sampai merahnya dua tanaman air tawar akan memancar di beningnya air tersebut. Memang warna indah seperti pelangi ini tak setiap saat dapat kita nikmati, melainkan hanya saat selama bulan Juli hingga November.

Setelah terjadinya hujan lebat atau badai, adalah saat yang sangat tepat untuk menikmati keindahan sunga Cano Cristales tersebut menurut warga setempat. Sebab setelah hujan atau badai tersebut, warna sungai akan dalam keadaan yang sangat cerah dan sangat tajam.

Geologi sungai ini diperkaya dengan sedimen dan bebatuan yang berumur sekitar 1,2 miliar tahun. Akibat batu-batu yang berpadu dengan tanaman yang warnanya sangat beragam mebuat terciptanya prisma tanah. Namun selama setengah tahun, sungai tersebut akan terlihat seperti sungai pada umumnya, yang berupa hitamnya bebatuan serta hijaunya lumut.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke sungai ini harus terbang ke La Macarena, dan singgah di Taman Nasional Serrania. Yang kemudian dilanjutkan perjalanan menuju sungai Cano Cristales. Perjalanan ke sungai ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki atau menunggang kuda.

Pembatasan pengunjung dilakukan dengan tujuan melindungi ekosistem sungai dan lingkungan sekitarnya dari kerusakan. Pengunjung hanya diperbolehkan berkunjung pada pertengahan Mei sampai awal Desember.
(MKS)
Komentar