Akun Facebook Bisa Diwariskan Jika Pengguna Meninggal

Akun Facebook Bisa Diwariskan Jika Pengguna MeninggalLegacy contact atau Kontak pewaris @ceritamu.com
Facebook yang merupakan media sosial terbesar di dunia telah memperbolehkan penggunanya mewariskan akun mereka untuk dikelola pengguna lain jika pengguna tersebut nantinya meninggal.

Izin tersebut berlaku pertama kali pada Kamis (12/2), yang memungkinkan pengguna memilih siapa yang akan diwarisi akun mereka setelah mereka meninggal.

Sebelum ada izin tersebut, akun orang yang sudah meninggal akan dikunci agar sama sekali tidak ada orang yang dapat mengakses, atau hanya akan dijadikan "tempat kenangan".

Pertama kali, praktik tersebut dilakukan di Amerika, yang mana pengguna Facebook dapat memilih 'kontak pewaris' agar pewaris dapat menulis di halaman mereka saat mereka sudah meninggal dunia.
Pewaris juga dapat merespon dan memperbarui foto mereka.

Namun demikian, pesan-pesan pribadi pengguna yang sudah meninggal tidak dapat diakses, karena cara mengakses ke pengguna yang sudah meninggal adalah dengan menggunakan akun mereka.Akun tersebut juga dapat dihapus oleh pewaris. Sampai akun pengguna yang telah meninggal dijadikan memorial, pewaris tidak diberitahu tentang pilihan tersebut.

Selain Facebook, sejumlah perusahaan lainnya pun juga mempunyai cara-cara mengelola akun orang yang telah meninggal. Misalnya fitur "manajer akun non-aktif" yang terdapat pada Google. Fitur tersebut membuat pengguna bisa memilih penghapusan data bagi pengguna yang tidak aktif selama tiga, enam atau 12 bulan.

Untuk menerima data tersebut, pengguna dapat memilih seseorang misalnya pasangan, atau orang tua. Bukan hanya untuk Surat elektronik, tetapi fitur tersebut juga untuk layanan Google yang lain, seperti pada YouTube, Google Plus dan Blogger.
MKS