Fitur Baru Facebook Cegah Pengguna Galau Bunuh Diri

Fitur Baru Facebook Cegah Pengguna Galau Bunuh DiriFitur baru Facebook untuk cegah bunuh diri @tribunnews.com

Dalam upaya mencegah bunuh diri, Facebook merilis fitur baru, yang membantu pengguna yang khawatir kondisi teman, keluarga, atau kerabat yang dianggap berpotensi bunuh diri.

"Seringkali, teman dan keluarga bisa mengamati gerak-gerik jika seseorang akan mencoba bunuh diri, namun mereka tidak tahu harus berbuat apa," kata Holly Hetherington, content strategist Facebook, dikutip dari BBC, Jumat (27/2).

Untuk membantu pihak-pihak yang peduli terhadap kondisi kerabatnya itu lah peran facebook disini, lalu bagaimana mekanisme fitur tersebut?

Sebagian manusia lebih leluasa mengekspresikan isi hatinya di dunia maya misalnya sosial media seperti Facebook. Oleh karena itu di zaman serba modern ini ikatan manusia dengan internet terbilang kuat.

jika ada kerabat yang mengunggah hal-hal bernuansa depresi hingga timbul pikiran untuk mengakhiri hidup, pengguna yang melihat dapat melaporkan unggahan-ungahan tersebut kepada Tim Facebook melalui fitur pencegahan bunuh diri.

"Akan ada tim khusus yang bekerja 24 jam untuk mengkaji laporan-laporan yang masuk. Kemudian, tim tersebut yang akan membantu dengan pendekatan psikologi," kata Tim Facebook.

Saat pengguna yang berniat bunuh diri masuk atau log-in kembali ke Facebook, pesan khusus akan tertera di layar perangkatnya. Curhat atau mencurahkan isi hati dapat dipilih oleh pengguna tersebut atau juga dapat memilih diberi tips agar tak berlarut dalam kesedihan.

Pelapor juga diarahkan untuk menghubungi kerabat orang yang berniat bunuh diri, menghimpun dukungan dari pengguna lain, ataupun berdiskusi dengan pakar bunuh diri maupun psikolog, mengetahui kerabatnya berniat bunuh diri tentu juga akan meningkatkan stres bagi pengguna atau kerabat yang lain.

MKS