Petani Australia Panen Labu Raksasa Seberat 743 Kg

Senin, 09 Februari 2015 15:45
Petani Australia Panen Labu Raksasa Seberat 743 KgDale Oliver memanen labu raksasa @cnn.com

Petani Australia bernama Dale Oliver mengukir namanya sebagai pemilik rekor labu raksasa. Labu yang Dale timbang dalam Kompetisi Labu Summerland berlangsung di Kyogle, New South Wales, memiliki berat 743 kilogram.

Tahun 2013 lalu, petani asal Knockrow, negara bagian New South Wales ini, juga sebagai pemecah rekor labu raksasa dengan bobot 575 kilogram.

Dalam sebuah kesempatan, Dale membagikan rahasianya sukses memanen labu raksasa tersebut. "Banyak orang tak begitu beruntung dengan adanya angin dan kondisi yang kering. Ini benar-benar tahun yang buruk. Tapi saya sangat beruntung. Saya punya air dan tempat berlindung dari angin," jelasnya.

Dalam minggu-minggu belakangan, ujar Dale, berat labu miliknya bertambah, dilansir dari AustraliaPlus.

"Awalnya, mereka tak tumbuh sebaik labu di tahun-tahun sebelumnya, tetapi akhirnya mereka berkembang dengan baik. Mereka tumbuh pesat dengan adanya hujan," utaranya.

Adapun labu raksasa di wilayah Atlantik hanya membutuhkan waktu 80 hari hingga siap panen.

"Labu Atlantik raksasa awalnya dikembangkan oleh Howard Dill, mungkin sekitar 40 tahun yang lalu, mereka mulai membiakkan jenis itu. Saat ini semua orang di Amerika, sebenarnya di seluruh dunia, terus membiakkan gen terbesar dan mereka tampaknya memang semakin besar, lebih besar dan lebih besar lagi, terang Dale.

Ia menambahkan, "Ketika dulu mereka menumbuhkan labu seberat 1500 pon (sekitar 680 kg), mereka bertanya-tanya apa mereka bisa mendapatkan labu seberat 2.000 pon (sekitar 907 kg), sekarang mereka tengah berusaha untuk mencapai 2500 pon (sekitar 1.134 kilogram)."

Saat ini rekor labu terbesar di dunia masih dipegang oleh petani Swiss, Beni Meier, dengan labu seberat lebih dari 1 ton.

(Nay)
Komentar