Harga Kondom di Venezuela Meroket Dijual Rp 9,5 Juta

Harga Kondom di Venezuela Meroket Dijual Rp 9,5 JutaIlustrasi: kondom @cnn.com

Jika di Indonesia kini harga batu akik atau bacan meroket, namun di Venezuela justru kondom yang dijual dengan harga gila-gilaan. Untuk satu pack kondom isi 36 buah saja dibanderol US$ 755 atau setara Rp 9,5 juta!

Harga tersebut terpaut jauh dari harga di pasaran Amerika yang dijual seharga US$21 atau Rp 264 ribu.

"Negara ini begitu kacau, sekarang kita harus menunggu dalam antrean untuk berhubungan seks," keluh Jonatan Montilla (31 tahun), seorang art director perusahaan periklanan seperti dilansir dari Bloomberg, Jumat (6/2).

Harga selangit itu rupanya disebabkan oleh jatuhnya harga minyak yang menjadi malapetaka bagi Venezuela. Dampak paling buruk dari kelangkaan alat kontrasepsi itu adalah penyebaran HIV dan kehamilan remaja meningkat.

"Tanpa kondom kita tak bisa berbuat apa-apa," kata Direktur Umum StopVIH, Jhonatan Rodriguez.

Kelangkaan kondom itu terjadi sejak Desember 2014 lalu. Di mana pemerintah Venezuela memperketat pengeluaran dolar seiring anjloknya harga minyak dunia.

Situasi tersebut semakin memperparah penyebaran HIV di Venezuela. Berdasarkan data PBB pada 2013, negara ini berada di peringkat ke-3 dunia sebagai infeksi HIV tercepat di Amerika Selatan setelah Paraguay dan Brasil.

Nay