Jackie Chan Dapat Gelar Datuk dari Malaysia

Jackie Chan Dapat Gelar Datuk dari MalaysiaJackie Chan @thestar.com.my
Aktor laga dan sutradara asal Hong Kong, Jackie Chan baru saja diberi gelar Panglima Mahkota Wilayah oleh Pemerintah Malaysia di Istana Negara. Jackie pun kini bergelar Datuk.

Dilansir Channel News Asia, Senin (2/2) kemarin, Jackie adalah salah seorang dari 365 penerima penghargaan dan medali kehormatan pada kesempatan itu. Penghargaan diberi langsung oleh Raja Negeri Jiran, Yang di-Pertuan Agong Tuanku Alhaj Abdul Halim Mu'adzam Shah, tepat dengan peringatan Hari Wilayah Federal.

Jackie dinilai sudah banyak memberi sumbangsih besar pada industri film dan akan mengharumkan Malaysia.

Saat tiba di Istana, banyak orang kaget melihat busana Jackie. Aktor Rush Hour ini memakai penutup kepala tradisional Malaysia yang mirip peci atau songkok warna hitam.

Jackie juga sebelumnya memperoleh perhargaan atas kiprahnya di dunia akting lewat dibuatnya patung mirip Jackie Chan di Hong Kong Avenue of Stars dan Hollywood Walk of Fame.

Bukan hanya di dunia perfilman, Jackie juga banyak berkecimpung dalam proyek filantropis dan kewirausahaan.

Tetapi banyak pihak kecewa dengan keputusan Pemerintah Malaysia. Sebab publik menganggap bahwa gelar 'Datuk' hanya dikhususkan untuk warga lokal, bukannya diberikan untuk orang asing.
hdk