Penyakit Langka, Wanita AS Tidak Mengenal Rasa Takut

Penyakit Langka, Wanita AS Tidak Mengenal Rasa TakutIlustrasi @dailymail.co.uk

Wanita Amerika berinisial SM (44) sudah menjalani pengobatan belasan tahun sebab tidak bisa merasakan rasa takut secara biologis. Kondisinya menarik perhatian para ahli saraf dan telah menelitinya selama 15 tahun.

Ibu tiga orang anak itu didiagnosa menderita penyakit langka bernama Urbach-Wiethe yang menyebabkan sebagian saraf di otaknya mengeras. Penyakit ini hanya dialami 400 orang di seluruh dunia, dilansir dari Daily Mail, Kamis (22/1).

Dia mempunyai tingkat kecerdasan normal meski sejumlah kejadian menakutkan yang membekas diingatannya tidak membuatnya trauma ketakutan. Seperti ketika diancam pisau, dia tidak akan merasa panik dan meminta bantuan.

Selain itu, dia juga pernah dipukuli oleh suami pertamanya hingga terluka parah tapi dia tidak pernah merasa takut. Pun saat disodorkan ular berbisa di depannya, dia juga tidak takut dan menyingkirkan ular itu dengan tangannya.

Menurut Dr Daniel Tranel ahli saraf dari Universitas Iowa, penting untuk menjaga identitas wanita itu, sebab jika diketahui dia bisa dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Dia pernah bertanya pada wanita itu apa arti takut.

"Itulah yang ingin saya ketahui. Jujur, saya tidak tahu apa itu rasa takut," jawab perempuan itu.

Wanita itu menceritakan memiliki ingatan semasa kecil takut digigit ikan lele saat bersama ayahnya. Namun semenjak itu, dia tidak pernah mengenal rasa takut lagi.

Nay