Perempuan Asal Tiongkok Ngaku Diperkosa Petugas Bandara Soekarno Hatta

Perempuan Asal Tiongkok Ngaku Diperkosa Petugas Bandara Soekarno HattaSuasana Bandara Soekarno Hatta (BSH) @tempo.co

Seorang wanita warga negara Tiongkok berinsial SY alias ZZ (26 tahun) yang baru melakukan penerbangan dari Hong Kong ke Indonesia mengaku diperkosa oleh petugas Bandara Soekarno Hatta (BSH). Ia mengaku disekap di kamar salah satu hotel di area bandara internasional tersebut.

Peristiwa itu berawal pada Sabtu (20/12) lalu pukul 22.00 WIB. Saat itu ia yang baru datang menumpang pesawat Cina Airlines didatangi dua pria berseragam petugas dengan warna abu-abu, mirip petugas Avsec Bandara Soekarno Hatta. Oleh dua pria itu, ZZ ditawari sebuah penginapan.

Namun ternyata, korban dibawa keliling hingga dua hari. Sesampainya di BSH, korban yang tidak bisa berbahasa Indonesia itu pada Selasa (23/12) diberi minuman dingin. Tanpa ia duga, ia langsung tak sadarkan diri dan dibawa masuk ke salah satu hotel di kawasan itu.

Setelah diperkosa, korban ditinggalkan begitu saja di kamar 617 lantai 6. Korban yang merasa lemas mengumpulkan tenaga untuk minta tolong.

Kepala Pospol Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, AKP Agus Tri mengatakan, pihaknya telah menyerahkan korban ke kedutaan besar. "Saya tidak tahu kronologisnya, karena langsung dibawa ke Embassy," ujarnya.

"Yang jelas wanita itu sudah saya serahkan ke pihak kedutaan besar Tiongkok. Dan kami belum memastikan apakah wanita itu benar-benar korban pemerkosaan," kata dia.

Sementara itu, pihak kedutaan sendiri belum memberikan pernyataan apapun.

Di lain pihak, Manajer Humas Bandara Internasional Soekarno-Hatta Yudis Tiawan mengatakan, pihaknya belum dihubungi oleh pihak terkait. Jika benar telah terjadi pemerkosaan di bandara seperti yang disangkakan, pihaknya mengaku prihatin dan berempati atas peristiwa itu. "Bila diperlukan kami siap membantu dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian," ujarnya. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

Nay