Masjid di Afrika Selatan Gelar Jamuan Perayaan Natal

Masjid di Afrika Selatan Gelar Jamuan Perayaan NatalMasjid 'Terbuka' di Afsel gelar jamuan makan perayaan Natal @onislam.com

Masjid Terbuka di Cape Town, Afrika Selatan menyelenggarakan jamuan makan untuk menghormati perayaan Natal. Masjid itu juga mengundang warga Kristen bersantap bersama. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan pemeluk Islam dan Kristen di Afrika Selatan.

Masjid ini sempat menjadi bahan pemberitaan luas sebab mengakui hubungan sesama jenis dan mengklaim sebagai masjid gay pertama di dunia.

"Kita adalah relawan muslim. Kita sejak pekan lalu mempersiapkan makanan bagi orang Kristen untuk datang menikmati jamuan di dalam masjid. Dan kami bangga jadi masjid pertama yang melakukan hal ini," ujar ketua Takmir Masjid, Taj Hargey, dikutip dari situs ewn.co.za, Rabu (17/12).

Acara jamuan makan setiap Minggu itu akan terus digelar hingga tiba waktu perayaan Natal 25 Desember. Sementara Masjid tetap dibuka seperti biasa untuk salat lima waktu.

Hargey menegaskan, masjid itu didirikan untuk menyebarkan ajaran Nabi Muhammad dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Menurutnya, apa yang ia lakukan jauh berarti daripada yang dilakukan ISIS di Timur Tengah.

"Ini adalah inisiatif untuk merekatkan kembali dunia yang retak. Fundamentalis dan kaum fanatik sengaja mengabaikan ajaran toleransi Islam yang murni," kata Hargey.

Berdasarkan sensus pada 2012, jumlah muslim di Afrika Selatan termasuk minoritas, yakni mencapai 1,5 persen dari total populasi.

Nay