Multitasking Bikin Susah Fokus Kerja

Multitasking Bikin Susah Fokus Kerjailustrasi @workplacepsychology.net

Zaman sekarang, seseorang di tuntut untuk bisa melakukan multitasking atau melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu bersamaan. Namun sayangnya multitasking justru akan membuat hasil kerja tidak maksimal.

Hal ini dikarenakan hanya ada 2% manusia saja yang benar-benar memiliki kemampuan multitasking secara efektif. Kebanyakan di antara kita cenderung mengalami penurunan fokus dalam jangka panjang, dan membuat mereka kurang produktif dalam menyelesaikan tugas saat multitasking.

Presiden dan CEO The Energy Project Tony Schwartz menjelaskan bahwa karyawan yang tidak melakukan multitasking bukan hanya lebih produktif, tetapi juga merasa lebih nyaman dengan pekerjaan mereka. Hal tersebut berdasarkan survei yang telah dilakukan perusahaan tersebut kepada 20.500.

Bekerja sama dengan Harvard Business School, perusahaan ini menemukan fakta bahwa ketika mereka fokus pada satu tugas dalam satu waktu, 50 persen merasa lebih terikat dengan pekerjaan mereka daripada yang tidak.

Selain mengukur tingkat konsentrasi karyawannya, survei tersebut juga mengukur sejauh mana responden merasa terikat dengan pekerjaannya, dan seberapa besar passion mereka terhadap pekerjaan tersebut.

Dan hasilnya, dengan fokus mengerjakan satu pekerjaan saja, karyawan merasa lebih terikat dengan pekerjaannya dan merasa lebih merasa dihargai oleh atasan. Mereka juga dapat menemukan makna dari pekerjaan mereka, dan mampu menyisihkan waktu untuk beristirahat sejenak saat bekerja.

okta