Pentingnya Minum Air di Musim Hujan

Rabu, 03 Desember 2014 11:30
Pentingnya Minum Air di Musim Hujanilustrasi @aquaterrah2o.com

Jangan salah, meskipun cuaca dingin seperti musim hujan yang mulai melanda Indonesia saat ini, tubuh masih tetap membutuhkan air untuk terhindar dari dehidrasi. Karena tak gampang merasa haus, kita cenderung mengabaikan fakta-fakta dan tidak memedulikan asupan air.

Berikut ini Boldsky melansir 4 manfaat air yang sangat penting dikonsumsi di musim dingin.

1. Menjaga fungsi tubuh

Air tak hanya melegakan rasa haus, air juga sangat berperan penting dalam menjaga fungsi tubuh seperti menjaga suhu tubuh, reaksi kimia, dan transportasi nutrisi. Bahkan, air merupakan pembentuk utama air liur dan pelumas sendi, tulang belakang, selaput lendir, dan mata.

2. Pembersih

Layaknya fungsi air untuk mandi dan cuci, air dalam tubuh juga berfungsi sebagai pembersih, terutama membersihkan organ-organ tubuh seperti ginjal dan hati dari racun dan mengeluarkannya melalui keringat.

3. Melembabkan kulit

Saat musim dingin kebanyakan dari kita akan mengalami gangguan kelembaban kulit yang terlihat dari ciri-ciri fisik seperti kulit kering, bersisik dan bibir pecah-pecah. Minum air delapan gelas per hari sangat diperlukan untuk membantu mencegah kulit kering.

4. Bantu pencernaan

Dalam mencerna makanan, perut membutuhkan air sebagai pelarut. Air ini dapat mendorong makanan yang masuk ke dalam usus, sehingga pembuangan zat-zat sisa dapat terjadi dengan lancar.

(okta)
Komentar