2.000 Pemulung Direkrut Bersihkan Ciliwung Gaji Rp 2,4 Juta

2.000 Pemulung Direkrut Bersihkan Ciliwung Gaji Rp 2,4 JutaPemulung membersihkan sampah di Ciliwung @kapanlagi.com

Sebanyak hampir 2.000 pemulung direkrut Dinas Kebersihan DKI Jakarta untuk membersihkan tumpukan sampah kali Ciliwiung. Mereka diberikan upah sebesar upah minimum provinsi (UMP) senilai Rp 2,4 juta.

"Jumlah detailnya saya ngga hafal, tapi ada 2.000-an orang yang kita rekrut dan sebagian besar ada pemulung," ujar Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Saptastri Ediningtyas.

Tyas menjelaskan, saat ini semua kali dan 13 sungai sudah mulai dibersihkan. Salah satunya seperti Cliwing dan Kali Krukut. Masyarakat saat ini bisa menyaksikan secara langsung jika kali-kali tersebut menjadi bersih dari tumpukan sampah.

"Kali dan sungai sekarang sudah mulai bersih. Jadi upaya penanggulangan musibah banjir juga terus dilakukan oleh Dinas Kebersihan," ucap Tyas.

Tyas menambahkan, integrasi penanganan sampah di kali dan sungai sekarang sudah menjadi tugas dan pokok fungsi dari Dinas Kebersihan DKI. Sebelumnya, tugas tersebut didapat dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta.

"Mulai April 2013 sampai sekarang terus dilakukan pengerjaan pembersihan sampah di kali dan sungai," kata Tyas.

Selain itu, berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 215 tahun 2012 tentang integrasi dan optimalisasi penanganan sampah maka penanganan sampah di kali dan sungai sudah bisa tertanggulangi. Demikian dilansir dari Kompas, Senin (1/12).

Nay