Malaysia Akan Blokir YouTube, Indonesia?

Malaysia Akan Blokir YouTube, Indonesia?Ilustrasi

Bekerja sama dengan Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Kementerian Dalam Negeri Malaysia akan segera memblokir akses YouTube di negaranya karena menganggap YouTube sebagi penyedia konten terlarang.

Langkah tersebut diambil setelah pihak Malaysia menerapkan kebijakan sensor pada sejumlah situs termasuk website miliki Google itu. Tindakan ini diambil setelah adanya 2.000 komplain terkait penyalahgunaan media sosial tersebut.

Seperti yang dilansir Malay Mail Online, kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah Malaysia tersebut akan diberlakukan kepada semua situs, termasuk YouTube. Ahmad Zahid Hamidi, Menteri Dalam Negeri Malaysia berujar jika laporan permasalahan yang ada mendesak dan sarankan komisi menerapkan sistem itu segera.

Kami ingin menciptakan kesadaran di kalangan masyarakat, khususnya pecinta film, bahwa badan sensor memiliki tanggung jawab sosial dan keagamaan untuk memastikan bahwa film mematuhi pedoman yang ditetapkan, ujarnya, seperti yang dikutip dari Sidomi.com.

Tiga bulan lalu, pemerintah Malaysia disibukkan dengan urusan sensor. Negeri Jiran ini merupakan salah satu negara di dunia dengan regulasi sangat ketat perihal sensor media, terlebih lagi pada tayangan yang tidak cocok dengan budaya sensitivitas lokal agar tidak dikonsumsi warga negara. Lantas bagaimanakah dengan Indonesia? Apakah Menkominfo Rudiantara juga akan ikut-ikut kebijakan internet Malaysia?

okta