Motorola Nexus 6 Mudah Dibongkar dan Diperbaiki

Motorola Nexus 6 Mudah Dibongkar dan DiperbaikiMembongkar Motorola Nexus 6 @ifixit.com

Google secara resmi mengumumkan ketersediaan 2 varian Nexus terbaru, yakni Phablet Nexus 6 yang digarap oleh Motorola dan Tablet Nexus 9 yang digarap oleh HTC. Meski mengusung spesifikasi yang mumpuni, namun keduanya juga harus memiliki akses repairability atau perbaikan jika suatu hari mengalami kerusakan.

Beberapa waktu yang lalu situs iFixit telah berhasil mengoprek jeroan tablet Nexus 9 besutan HTC. Situs yang terkenal dengan video pembongkaran smartphone terbaru ini memberikan skor yang sangat mengecewakan. Hal ini dikarenakan varian tablet ini terbilang susah diperbaiki.

Namun untungnya phablet Motorola Nexus 6 tampil sedikit lebih baik dari varian tablet Nexus 9. Setelah membuka casing belakang Nexus 6, Anda akan melihat bahwa semua bagian smartphone disatukan dengan menggunakan satu jenis baut saja, hal ini sangat menguntungkan karena pengguna tak memerlukan banyak jenis obeng.

Jika baut-baut tersebut dibuka maka Anda akan melihat bahwa komponen Nexus 6 terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian baterai dan juga bagian komponen penting seperti motherboard dll. Dengan begitu pengguna bisa melakukan perbaikan dengan mudah seperti melakukan pergantian baterai dan juga perbaikan pada panel-panel penting, kamera hingga prosesor.

Karena mudah dibongkar, situs iFixit kemudian memberikan skor 7 dari nilai sempurna 10. Dimana 10 berarti mudah diperbaiki dan 1 berarti susah diperbaiki. Untuk melihat cara membongkar Motorola Nexus 6, berikut ini video Nexus 6 Teardown reviewnya untuk Anda:

okta