Belanja Online Bisa Menyehatkan Otak

Belanja Online Bisa Menyehatkan Otakilustrasi @jxtgroup.com

Agar tetap terasah ketajaman ingatan Anda, otak perlu terus dilatih. Jika tidak maka Anda bisa mengalami kepikunan dini. Ada banyak cara melatih kemampuan berpikir otak, salah satunya adalah berbelanja.

Hal tersebut dibuktikan oleh tim peneliti dari Duke University yang menemukan fakta bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengingat pada lansia yang berupaya ekstra dalam menggunakan otaknya saat berbelanja di online shop.

Hal ini dikarenakan lansia masih bisa menggunakan bagian otak yang masih tajam untuk mengingat informasi baru. Ini terjadi saat mereka berbelanja dan melakukan perhitungan untuk mendapatkan harga paling ekonomis.

"Ini menunjukkan bahwa pada lansia sehat, meski memorinya sudah tidak bagus, mereka bisa menggunakan bagian otak lain yang biasanya tidak terpakai untuk fungsi tersebut," kata sang peneliti, Nichole Lighthall, dikutip dari Dailymail.

Dengan menggunakan teknologi functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) para peneliti ini melihat aktivitas otak para lansia saat berbelanja di salah satu online shop terpopuler, yakni Amazon. Dan hasilnya, para lansia tidak kalah dibandingkan kaum muda dalam perburuan harga paling murah meski fungsi otaknya sudah lebih menurun.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience ini membuktikan ventromedial prefrontal cortex (vmPFC) pada otak lansia yang kini diaktifkan setelah belajar berbelanja online, salah satunya ketika mengingat harga.

okta