Lammily, Barbie Pertama yang Tampil 'Normal'

Jum'at, 21 November 2014 19:00
Lammily, Barbie Pertama yang Tampil 'Normal'Barbie Lammily @http://time.com/

Sejak pertama kali dibuat pada tahun 1959, boneka Barbie dikenal dengan boneka fashion atau fashion doll yang selalu tampil sebagai boneka wanita Amerika yang cantik dan bertubuh sempurna yang khas dengan rambut blonde nya.

Belakangan, artis dan peneliti Nickolay Lamm menghadirkan boneka Barbie yang tampil "normal" layaknya gadis remaja pada umumnya bernama Lammily. Barbie ini sengaja dibuat mirip semanusia mungkin lengkap dengan jerawat, selulit, strech mark dan bekas luka layaknya perempuan sesungguhnya.

Sejak setahun yang lalu Lamm telah berusaha menciptakan Lammily yang merupakan gambaran perempuan Amerika Serikat berusia 19 tahun dengan tinggi tak terlalu menjulang dengan betis agak besar, pinggang lebar, dan leher yang panjang.

Ide pembuatan Barbie normal ini dikarenakan Lamm merasa frustrasi dengan boneka Barbie yang selama ini dianggap tidak realistis. Dimana memiliki kaki panjang dan kecil, pinggang kecil, leher tinggi, dan wajah cantik tirus.

"Saya merasa, boneka yang ada sekarang sungguh sempurna tanpa cacat, padahal dalam kehidupan nyata hanya sedikit perempuan yang memiliki kulit dan bentuk tubuh seperti ini," ujar Lamm kepada Huffington Post.

Kini Lammily dijual secara bebas. Anak-anak yang biasanya menghiasi Barbie dengan pernak-pernik princess lengkap dengan gaun, mahkota dan baju-baju mahal kini bisa menghias Lammily senormal mungkin dengan yang biasa terjadi pada perempuan seperti jerawat, strech mark, hingga selulit.

Ide pernak-pernik stresch mark sengaja dihadirkan Lamm karena faktanya sekitar 50-90 persen perempuan di dunia akan memiliki ini dalam hidupnya. Bahkan 90 persen perempuan memiliki selulit di tubuhnya.

"Sehingga jika anak-anak diperkenalkan dengan hal tersebut membuat mereka tumbuh normal. Dan tak perlu malu jika hal tersebut terjadi pada mereka di kemudian hari," ungkap Lamm.

(okta)
Komentar