Tampilkan Adegan Seks, Drama Korea Naughty Kiss & Protect The Boss Disemprot KPI

Kamis, 14 Juni 2012
Tampilkan Adegan Seks, Drama Korea Naughty Kiss & Protect The Boss Disemprot KPICuplikan Adegan 'Naughty Kiss' @imbc.com

Komisi Penyiaran  Indonesia (KPI) kembali memberikan sorotan kepada tayangan televisi, kali ini serial Naughty Kiss dan Protect The Boss. Anehnya kedua serial drama ini bukan siaran langsung atau kejar tayang jadi jika kini telah tampil di TV berarti seharusnya sudah melewati proses sensor dari Lembaga Sensor Film, namun kenapa masih saja kena tegur ?

Naughty Kiss dikenakan Teguran Tertulis pada episode yang tayang pada tanggal 30 Mei 2012. Teguran tersebut tertera di surat nomor 355/K/KPI/06/12 tertanggal 12 Juni 2012.

“Menayangkan adegan seksual serta norma kesopanan dan kesusilaan yang disiarkan oleh lembaga penyiaran. Pelanggaran yang sama juga ditemukan pada awal penayangan program pada setiap episode. KPI Pusat meminta Indosiar agar melakukan evaluasi internal program dengan cara melakukan editing pada adegan seksual tersebut yang dapat berdampak pada perkembangan psikologis anak-anak dan remaja. Tindakan menayangkan adegan tersebut telah melanggar P3 Pasal 9, Pasal 14 ayat (2), Pasal 16, dan Pasal 21 ayat (1) serta SPS Pasal 9, Pasal 15 ayat (1), Pasal 18 huruf  k, dan Pasal 37 ayat (4) huruf a.”

Protect The Boss tayangan hari yang sama, 30 Mei 2012, juga mendapat Teguran Tertulis. Sesuai dengan surat nomor 354/K/KPI/06/12 tertanggal 12 Juni 2012, KPI menguraikan deskripsi pelanggaran serial yang dibintangi Jaejoong JYJ itu:

“Menayangkan adegan yang mengesankan ciuman dan juga penayangan adegan ciuman bibir di akhir episode program. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan anak dan remaja, pelarangan adegan seksual serta norma kesopanan dan kesusilaan yang disiarkan oleh lembaga penyiaran. KPi Pusat meminta agar segera melakukan evaluasi internal program dengan cara melakukan editing pada adegan tersebut yang berdampak pada perkembangan psikologis anak-anak dan remaja. Tindakan penayangan adegan tersebut telah melanggar P3 Pasal 9, Pasal 14 ayat (2), Pasal 16, dan Pasal 21 ayat (1) serta SPS Pasal 9, Pasal 15 ayat (1), Pasal 18 huruf g dan k, dan Pasal 37 ayat (4) huruf a."

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar