Jeremy Gutsche Bayar Rp 14 Juta untuk Buka Email di Pesawat Singapore Airlines

Senin, 17 November 2014 20:30
Jeremy Gutsche Bayar Rp 14 Juta untuk Buka Email di Pesawat Singapore Airlinesilustrasi @nbcnews.com

Jeremy Gutsche, pendiri situs tren online Trendhunter.com ini terperanjat ketika ditagih Singapore Airlines sebesar US$ 1,71.46 atau nyaris Rp 14 juta karena telah membuka email dengan WiFi pesawat yang tak lebih dari 30Mb.

Sebelumnya, Jeremy yang sedang memiliki urusan bisnis di Singapura memutuskan untuk naik Singapore Airlines. Karena menumpuknya pekerjaan, ia memutuskan untuk mengerjakan pekerjaannya via email dengan menggunakan WiFi pesawat. Sebelumnya ia telah mendaftar untuk paket WiFi sebesar US$ 30.

Seperti saat menggunakan maskapai penerbangan lainnya, Jeremy mengoneksikan laptopnya melalui jaringan WiFi dan mulai bekerja. Dia pun menggunakannya sebagian besar untuk melihat email, dengan total 155 halaman.

"Pada satu titik, saya menghabiskan sekitar satu jam untuk mengunggah 4MB dokumen powerpoint, saya memperkirakan biayanya tak lebih dari USD 100," ujarnya, seperti yang dikutip Business Insider, Senin (17/11/2014).

"Bahkan saya berpikir email yang saya baca hanya habis USD 10 saja. Tapi ya itu tadi, saya membeli paket USD 30, lalu bekerja seperti biasa dan mendarat dengan tagihan seribu dolar lebih," tambahnya lagi.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari Singapore Airlines mengenai permasalahan ini. Belakangan Singapura memang menjadi perbincangan para wisatawan yang merasa dirugikan dengan sistem dagang Singapura. Kasus sebelumnya menimpa turis Vietnam yang harus membayar biaya tambahan hingga Rp 18 juta untuk iPhone 6 yang ia beli.

(okta)
Komentar