4 Penyebab Utama Penuaan Dini

4 Penyebab Utama Penuaan Diniilustrasi @huffingtonpost.co.uk

Keriput merupakan kekhawatiran yang mulai meneror semua orang. Kekhawatiran tersebut mulai dirasakan ketika beranjak ke usia 30an. Dimana kantung hitam di bawah mata, kulit kusam dan tak lagi kencang mulai bisa terlihat.

Namun sayangnya, karena pola hidup yang tak sehat membuat gejala penuaan diri telah terlihat pada usia 20 tahunan. Agar gejala penuaan dini tak menghampiri Anda begitu cepat, health.com melansir 4kebiasaan buruk penyebab utama penuaan diri yang harus Anda hindari, yaitu:

1. Sering melakukan multitasking

Tak hanya smartphone atau komputer saja yang dituntut bisa bekerja secara multitasking. Di era persaingan karir yang ketat seperti saat ini, seseorang dituntut untuk bisa melakukan multi tasking. Inilah yang memicu kerja otak bekerja dua kali lebih ekstra dibandingkan biasanya yang berakibat pada kualitas kulit dan tubuh Anda.

2. Mengonsumsi makanan dessert

Makan malam serasa kurang tanpa adanya makanan pencuci mulut atau dessert yang manis seperti puding, es krim dan makanan manis lainnya. Meskipun tidak punya diabetes mellitus atau pun Anda punya tubuh yang sulit gemuk, namun mengonsumsi makanan manis dapat memicu timbulnya penyakit yang dapat mempercepat penuaan tubuh.

3. Kurang tidur

Sesibuk apapun, Anda harus memberikan hak tubuh Anda untuk beristirahat. 7 hingga 8 jam merupakan jam tidur sehat seseorang. Dalam waktu tersebut tubuh, khususnya kulit akan melakukan peremajaan dengan mengeluarkan racun dalam tubuh. Jika tidur tidak mendapat waktu cukup, Anda menjadi mudah lelah dan membuat Anda nampak lesu dan menua lebih cepat.

4. Kurang makan sayur dan buah

Buah dan sayur merupakan makanan wajib yang banyak dihiraukan. Kebanyakan orang lebih memilih makanan berlemak dan berminyak seperti fastfood. Buah dan sayur yang kaya antioksidan dapat membuat wajah semakin bercahaya dan segar.

okta