Iklan Makanan Ringan Yuki Kato Dicekal KPI (Video)

Senin, 04 Juni 2012
Iklan Makanan Ringan Yuki Kato Dicekal KPI (Video)Iklan Gery Chocolatos @Youtube
Nampaknya Komisis Penyiaran Indonesia (KPI) kini tengah gencar melakukan pennilaian terhadap tontonan televisi di Tanah air. Setelah dua acara talk show di Tanah air, kini berganti sebuah iklan makanan ringan yang mendapat teguran dari KPI.

Jika kedua talk show yaitu Hitam Putih di Trans7 dan Buaya Show di Indosiar yang ditegur karena dianggap dapat mempengaruhi perkembangan psikologis anak, berbeda dengan iklan ini yang mendapatkan teguran karena dianggap berpotensi melanggar Etika Pariwara Indonesia.

Dalam iklan tersebut Yuki Kato yang berperan sebagai bintang iklan tengah beradegan membuka lemari es dan memergoki sang adik yang berada didalamnya. Yuki pun bertanya sedang apakah di dalam lemari es, sang adik menjawab “Makan chocolatos kak. Katanya, kalau masuk dalam kulkas lebih enak”.

Dalam Surat bernomor 333/K/KPI/05/12, KPI Pusat mengimbau bahwa siaran yang melibatkan anak-anak wajib mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan dan etika yang mengatur hal tersebut. 

Mengutip situs KPI pada Senin (4/6), KPI Pusat juga menerima surat dari Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) No. 1051/UM-PP/V/2012 tertanggal 29 Mei 2012 yang isinya berpendapat bahwa adegan dalam iklan tersebut berpotensi melanggar Etika Pariwara Indonesia.

Komentar