Safety Check, Fitur Pendeteksi Bencana dari Facebook

Safety Check, Fitur Pendeteksi Bencana dari FacebookFacebook Safety check @newsroom.fb.com

Belakangan info mengenai bencana alam lebih cepat tersebar melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter yang menampilkan kondisi bencana alam secara real time. Oleh sebab itu Facebook meluncurkan fitur Safety Check.

Fitur ini resmi diluncurkan pada Kamis, (16/10/2014) sebagai bentuk kontribusi Facebook terhadap penanggulangan bencana alam. Fitur ini berfungsi untuk memberitahukan keadaan penggunanya yang tertimpa bencana, namun berada dalam kondisi baik-baik saja.

Seperti yang dilansir Independent.co.uk, fitur Safety Check yang diluncurkan Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg di Jepang yang memang sering dilanda bencana alam seperti gempa bumi, anging topan dan tsunami.

"Insinyur kami di Jepang telah mengambil tahapan pertama menciptakan produk untuk meningkatkan pengalaman terhubung setelah bencana," jelas Naomi Gleit, Wakil Presiden Produk Manajemen Facebook.

Cukup dengan menekan satu tombol pada Disaster Message Board, para pengguna Facebook yang sedang mengalami bencana alam bisa mengecek notifikasi posisi pengguna apakah dekat dengan lokasi bencana. Facebook kemudian akan menanyakan kepada pengguna, apakah dalam kondisi aman.

Agar semua orang di wilayah bencana tersebut bisa mengetahui zona aman, para pengguna yang berada di zona aman diminta menekan tombol "i'm fine" agar semua orang, terutama teman mengetahui kondisi pengguna. Dengan fitur ini, pengguna juga bisa melihat daftar teman yang mungkin terkena dampak bencana.

Fitur ini juga akan membantu pengguna Facebook yang hilang akrena bencana alam. Keberadaannya bisa dideteksi dengan lokasi pengguna melalui kota yang tercantum dalam profil serta lokasi terakhir di fitur Nearby Friends sampai kota di mana pengguna sebelumnya telah terkoneksi.

Kini, fitur Safety Check dari Facebook ini telah tersedia di platform iOS, Android dan dekstop.

okta