Facebook Gandeng XL Hadirkan Koneksi Internet Berkualitas

Facebook Gandeng XL Hadirkan Koneksi Internet BerkualitasFacebook bekerjasama dengan XL dan Ericsson @viva.co.id

Indonesia merupakan negara Asia kedua setelah India yang disambangi bos besar Facebook Mark Zuckerberg dalam rangka kampanye program Internet.org yang bertujuan membuat semua orang di planet Bumi terhubung dengan koneksi internet yang fokus pada industri perangkat mobile.

Dalam implementasinya di Indonesia, Facebook menggandeng Ericsson dan XL. Ketiganya telah membahas rencana pemaksimalan jaringan internet di Indoneisa dengan menciptakan metodologi baru untuk mengukur dan meningkatkan performa jaringan secara menyeluruh (end-to-end) dengan menggunakan simulasi pada aplikasi Facebook.

"Kami yakin bahwa app coverage merupakan hal yang penting dan apa yang terlihat dalam menggunakan aplikasi Facebook pada network-wide statistics, telah terbukti menjadi sebuah cara yang inovatif dan efisien untuk mendeteksi dan memberikan kesempatan dalam mengoptimalkan jaringan telekomunikasi dan aplikasi," uajr Dirut XL Axiata, Hasnul Suhaimi, dikutip dari Viva.co.id.

Melalui key performance indicators (KPI) yang didasarkan pada simulasi aplikasi Facebook, XL Axiata, dan Ericsson menggunakan tes agent, dan dihubungkan melalui KPI dengan statistik jaringan.

"Melalui proses ini, masalah yang berdampak pada pengguna dapat diidentifikasi dan ditangani di seluruh jaringan. Optimalisasi yang dihasilkan dapat meningkatkan app coverage hingga 70 persen," ujar Hasnul.

Sedangkan Ericsson disini berperan sebagai penyedia infrastruktur jaringan, dan juga akan bertindak sebagai penyedia jaringan untuk tes aplikasi.

okta