Kita Butuh Menangis Untuk Tetap Sehat

Kamis, 09 Oktober 2014 20:00
Kita Butuh Menangis Untuk Tetap Sehatilustrasi @freshhealthyandfit.com

Menangis merupakan reaksi tubuh yang muncul akibat pengaruh mood. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Psikolog Jonathan Rottenberg dan Lauren M. Bylsma dari University of South Florida menyimpulkan bahwa tubuh kita butuh menangis untuk tetap sehat.

Berikut ini 4 alasan utama mengapa tubuh kita butuh menangis untuk tetap sehat:

1. Menangis merupakan bentuk ungkapan ketegangan emosional. Dengan menangis maka Anda akan merasa jauh lebih baik karena racun dari stres bisa terlepas.

2. Saat menangis, sebenarnya tubuh telah mengeluarkan emosi yang mengandung protein dan beta endorphin, yaitu zat alami penghilang rasa sakit. Air mata juga terbukti bermanfaat untuk melembabkan dan membantu memaksimalkan fokus pada mata menjadi lebih baik. Inilah alasannya kenapa menguap dapat memproduksi air mata.

3. Rutin menangis dapat menurunkan risiko penyakit fisik dibandingkan mereka yang menyimpannya.

4. Menangis merupakan upaya tubuh dan otak untuk berintrospeksi. Dengan menangis maka Anda akan melihat situasi dengan lebih jelas dan dapat membantu ketenangan batin dan kedamaian.

Untuk itu, Anda tak perlu menahan emosi, luapkan emosi dengan menangis. Anda juga bisa menurunkan ketegangan dan tingkat stres dalam tubuh dengan melihat film yang membuat sedih bahkan tertawa hingga menangis.

Menangislah, karena menangis menyehatkan.

(okta)
Komentar