Lukisan Purba Berusia 40.000 Tahun Ditemukan di Sulawesi Selatan

Lukisan Purba Berusia 40.000 Tahun Ditemukan di Sulawesi SelatanLukisan purba di dinding gua di Maros, Sulsel @bbcnews.com

Para ilmuwan menemukan lukisan purba di gua yang terletak di pedesaan Maros, Sulawesi Selatan. Sejauh ini, lukisan sejenis hanya ditemukan di Eropa Barat.

Temuan ini, menurut ilmuwan, bisa memberikan gambaran lebih lanjut bagaimana manusia dari peradaban primitif memproduksi karya seni.

Lukisan itu dibuat dengan menempelkan cat dengan tangan di dinding dan langit-langit gua. Diperkirakan lukisan itu berusia 40.000 tahun.

Dr Maxime Aubert, dari Universitas Griffith di Queensland, Australia, mengatakan, lukisan tersebut kemungkinan paling kuno di dunia.

"Usia lukisan ini adalah 39.900 tahun, dan merupakan lukisan stensil tangan tertua di dunia.

"Di samping lukisan ini adalah lukisan babi yang berumur paling tidak 35.400 tahun dan merupakan salah satu lukisan figur tertua di dunia, atau mungkin yang tertua," katanya dilansir dari BBC News, Kamis (9/10).

Sementara itu, Dr Muhammad Ramli, pakar arkeologi, mengatakan lukisan kuno di Maros itu terkikis oleh polusi industri lokal.

"Pada awal tahun 1980an, banyak lukisan gua di situs ini dalam bentuk stensil tangan, seperti yang Anda lihat sekarang. Dan banyak yang rusak," kata Muhammad.

"Perlu dilakukan studi konservasi untuk mencari cara terbaik dalam menjaga situs-situs ini sehingga lukisan yang ada tetap bertahan," katanya.

(Nay)
Komentar