Inilah Yang Akan Dialami Orang Setelah Meninggal

Selasa, 07 Oktober 2014 12:00
Inilah Yang Akan Dialami Orang Setelah Meninggalilustrasi @flickr.com

Ternyata, setelah dinyatakan meninggal secara medis, kita akan masih merasakan kesadaran dalam beberapa waktu dan merasakan pengalaman melihat jasad kita sendiri.

Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Southampton, Inggris yang selama empat tahun meneliti lebih dari dua ribu pasien yang menderita serangan jantung pada 15 rumah sakit di Inggris, Amerika Serikat, dan Austria.

Dan hasilnya, sekitar 40% dari pasien-pasien tersebut berhasil selamat dan secara medis mengalami hal yang kita kenal dengan mati suri. Saat ditanya mengenai pengalaman mati surinya tersebut, mereka mengaku mengalami semacam kesadaran, sebelum jantung mereka kembali berdetak, saat itulah mereka bisa melihat jasadnya sendiri.

Seperti yang dilansir Telegraph, studi penelitianyang telah dipublikasikan pada jurnal Resuscitation ini menyebutkan bahwa seorang pasien berusia57 tahun yang mengaku mati selama 3 menit itu ingat saat ia meninggalkan tubuhnya sepenuhnya, serta menyadari kesadarannya dari pojok ruangan.

"Kita tahu otak tak dapat berfungsi, saat jantung telah berhenti berdetak. Tapi dalam kasus ini, kesadaran tampaknya terus terjadi sampai tiga menit usai jantung berhenti berdetak. Meski otak biasanya mati dalam waktu 20-30 detik, setelah jantung berhenti," jelas Dr. Sam Parnia, pemimpin studi.

Dari semua pasien yang diteliti, sebanyak 330 pasien selamat dan kembali hidup, dimana 140 pasien di antaranya mengaku telah mengalami semacam kesadaran saat sedang dihidupkan kembali. Saat dinyatakan meninggal, mereka mengaku mengalami peristiwa krusial seperti melihat cahaya terang, kilau emas dan sinar matahari.

Parnia yakin bahwa para pasien yang mengalami mati suri sangat ingat dengan pengalaman setelah matinya tersebut. Namun obat-obatan, atau obat penenang membatasi, atau menghentikan ingatan tersebut.

(okta)
Komentar