8 Tips Atasi 'Kantong Kering' di Akhir Bulan

Jum'at, 19 September 2014 10:45
8 Tips Atasi 'Kantong Kering' di Akhir Bulanilustrasi @askville.amazon.com

Para karyawan baik swasta maupun pegawai negeri sering dibuat galau karena serangan 'KanKer' alias kantong kering di akhir bulan. Cicilan motor atau bayar kosan setiap awal bulan membuat mereka dibikin pusing bukan kepalang di tanggal tua. Tak perlu galau, Anda bisa tetap melakukan aktivitas layaknya tanggal muda dengan tips berikut ini.

1. Beralih Ke Kendaraan Umum

Daripada membuang-buang bensin untuk bermacet-macetan di pagi dan jam pulang kantor, Anda bisa memangkas biaya transport dan menghemat waktu dengan menggunakan kendaraan umum. Selain lebih hemat juga Anda bisa bertemu dengan orang-orang baru selama perjalanan pergi dan pulang kerja. Siapa tahu salah satu dari mereka adalah jodoh Anda.

2. Perawatan kecantikan sendiri di rumah

Menjaga penampilan merupakan kewajiban karyawan agar tetap terlihat rapi dan indah di pandang mata. Terutama bagi Anda para pekerja di bidang marketing dan custcustomer service yang harus berhadapan dengan banyak orang. Daripada menghabiskan biaya perawatan wajah di salon atau klinik kecantikan, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Anda bisa membeli produk perawatan wajah saja tanpa perlu melakukan treatmen khusus. Atau jika tidak Anda bisa beralih ke cara alami dengan membersihkan wajah menggunakan bahan-bahan alami yang tentu selain lebih murah juga lebih aman.

3. Bawa uang secukupnya di dompet

Untuk menghandel pengeluaran Anda, sebaiknya Anda membawa uang secukupnya saja di dalam dompet. Hal ini akan membuat Anda berpikir dua kali untuk membelanjakan uang Anda. Tinggalkan kartu kredit Anda agar bulan depan potongan gaji Anda tidak bertambah.

4. Pilih barang diskon

Berbelanjalah ke supermarket besar, karena supermarket besar sering menawarkan banyak diskon. Beli 1 gratis 1 merupakan pilihan yang sangat menguntungkan di tanggal tua.

5. Pilih baju murah

Baju murah bukan berarti terlihat jelek. Dengan teknik mix and match Anda busa memadu padankan baju murah Anda dengan baju lain Anda yang lain sehingga tetap terlihat mahal dan berkelas juga fashionable.

6. Cari hiburan gratis

Setelah bergelut dengan pekerjaan Anda tentu ingin refreshing menyegarkan pikiran Anda. Nonton merupakan aktivitas refreshing yang banyak digemari. Daripada menghabiskan uang ke bioskop, Anda bisa menggunakan fasilitas wifi kantor untuk download film atau acara tv luar negeri yang Anda sukai. Jika tidak, mampir ke rental DVD juga bisa menjadi solusi.

7. Ganti gym dengan olah raga outdoor

Sesibuk apapun, olahraga sangatlah dibutuhkan tubuh agar tulang dan otot kita tidak kaku. Daripada menghabiskan uang ke tempat gym dengan minuman suplemen yang harganya selangit, Anda bisa memilih olah raga outdoor seperi joging keliling taman kota atau cukup mengelilingi kompleks perumahan Anda. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur sebagai pengganti suplemen diet Anda.

8. Berhenti membanding-bandingkan

Hilangkan sifat iri ini. Membanding-bandingkan apa yang Anda miliki dengan apa yang orang lain miliki tak akan pernah ada habisnya. Bukannya mendapatkan kepuasan, Anda justru akan semakin menghambur-hamburkan uang Anda untuk berbelanja barang-barang yang Anda inginkan tapi tidak Anda butuhkan.

(okta)
Komentar