Pensiun Jadi Paranormal, Ki Joko Bodo Bantah Dirinya Taubat

Sabtu, 06 September 2014 22:00
Pensiun Jadi Paranormal, Ki Joko Bodo Bantah Dirinya TaubatKi Joko Bodo @krjogja.com
Ki Joko Bodo merasa keberatan karena dianggap bertaubat. Ia juga membantah jika perubahannya itu dihubungkan dengan masa lalu yang dianggap kafir karena melakukan amalan-amalan selaku paranormal.

"Aku nggak enak sama temen media, kok aku dibilang tobat, padahal aku ini Islam dari kecil. Mungkin itu Ki Joko palsu. Ada 50 ribu lebih yang ngaku Joko Bodo. Saya merasa dibunuh karakter saya dibilang tobat, saya itu Islam dari kecil," ujar Ki Joko Bodo dijumpai di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (29/8).

Ki Joko Bodo telah memilih meninggalkan dunia paranormal yang selama ini ia geluti. Kini penampilannya tak lagi berambut gondrong dan berjenggot panjang. Ia juga tak lagi duduk menangani pasien yang terkena santet.

"Dari dulu agama aku muslim. Aku nggak kafir, paranormal itu orang yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jangan dikaitkan agama soal perubahan (penampilan). Aku nggak ada yang berubah, cuma cukur kumis aja," paparnya seperti dikutip kapanlagi.com.

Pria yang punya banyak koleksi benda pusaka ini mengungkapkan jika ia tak ingin jika perubahan dirinya ini dihubungkan dengan agama. Pasalnya, ia merasa tak ada yang berbeda antara Ki Joko Bodo yang dulu dengan sekarang.

"Jangan dikaitkan agama soal perubahan. Aku nggak ada yang berubah, cuma cukur kumis aja," ujarnya.

Sedangkan berita yang menyebutkan dirinya taubat tidak membuat Ki Joko sakit hati. Ia juga tidak mau melakukan tindakan hukum atau lainnya.

"Aku nggak nuntut mereka, yang Ki Joko palsu itu yang ngomong ke media bilang tobat. Aku nggak jahat. Biar mereka tumbuh dan berkembang," pungkasnya.
(hdk)
Komentar