2.000 Peserta Festival Debus Banten Pecahkan Rekor MURI

2.000 Peserta Festival Debus Banten Pecahkan Rekor MURIPeserta festival debus Banten @kompas.com

Festival Festival Debus Banten 2014 yang digelar di Pantai Anyer, Kabupaten Serang, memperoleh piagam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pementasan seni debus tersebut melibatkan tak kurang dari 2.000 peserta atraksi debus yang berasal dari berbagai daerah di Banten.

Ribuan orang tersebut melakukan atraksi berbahaya dihadapan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Plt Gubernur Banten Rano Karno. Adapun atraksi yang dilakukan meliputi mengusapkan bara api ke anggota tubuh, menaiki anak tangga dari golok dan tusuk lidah dengan baja.

MURI mengganjar acara tersebut dengan piagam No. 6597/R MURI 2014 sebagai Festival dengan Peserta Debus Terbanyak yang diserahkan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar sebagai pemrakarsa. Sementara Rano Karno dalam sambutannya, menyebut rangakaian acara "Banten Beach Festival" 2014ini memiliki tujuan yang baik.

"Debus merupakan warisan budaya tak benda milik Provinsi Banten. Oleh sebab itu harus dipelihara dan dilestarikan oleh masyarakat Banten," ujar Rano. Rano karno juga berharap festival ini bisa digelar setiap tahun untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

festival-debus-banten-muri

Untuk mengamankan acara tersebut, sebanyak 600 polisi dikerahkan, ujar Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Banten, Brigadir Jenderal Polisi, M Zulkarnaen.

"Pengamanan acara secara ketat diperlukan agar acara berjalan sukses. Sekitar 5 ribu panitia dilibatkan untuk melaksanakan acara tersebut," tutur M Zulkarnaen

Festival debus Banten juga dimeriahkan dengan sejumlah lomba yang tidak kalah unik, seperti sepeda gembira dengan 500 peserta, masyarakat sadar wisata dengan 200 peserta, serta tak ketinggalan lomba memasak dan penjualan souvenir khas Banten.

Nay