ISIS Culik 1000 Wanita Yazidi, Yang Muda dan Cantik Dinikahi Paksa

ISIS Culik 1000 Wanita Yazidi, Yang Muda dan Cantik Dinikahi PaksaPerempuan etnis Yazidi @cbc.ca

Sebanyak 1000 wanita dari kaum Yazidi yang ditangkap pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) hingga saat ini belum diketahui keberadaanya. Namun berdasarkan laporan saksi mata, ISIS membedakan wanita tawanan antara yang muda dan lebih tua.

Menurut saksi mata, mereka menyebut ISIS akan menjadikan wanita muda Yazidi sebagai pengantin pejuang ISIS apabila meninggalkan agamanya dan memeluk Islam.

Diberitakan sebelumnya, pasukan ISIS telah menangkap perempuan Yazidi ini ketika menyerbu kota Sinjar, kota utama kaum minoritas Yazidi. Kebanyakan wanita tersebut ditawan di lokasi berbeda di seluruh Irak utara.

Sejak melakukan invasi pada pekan lalu, ISIS dilaporkan telah menahan para perempuan, terutama yang muda dan cantik.

Selanjutnya tawanan tersebut dipisahkan dari tahanan pria, dan juga lalu dipilih perempuan yang masih muda. Sebagian besar dari mereka dimasukan bus atau truk.

Oleh ISIS perempuan tersebut diberikan pilihan, memeluk Islam dan menjadi pengantin pejuang ISIS, atau menjadi tawanan seumur hidup.

Pengakuan para perempuan Yazidi ini diperoleh dari sejumlah wawancara saksi, korban penculikan serta aktivis. Adapun untuk melindungi keselamatannya, identitas mereka tidak dipublikasikan.

Menurut pemimpin senior Kurdi, Hoshyar Zebari, dirinya menduga kuat ISIS telah menahan 1.000 perempuan Yazidi.

"Banyak pejuang ISIS yang datang dari luar negeri belum memiliki istri. Oleh karena itu, mereka menginginkan para perempuan itu memeluk Islam agar para pejuang ini bisa menikahi mereka," kata Zebari.

Pemerintah Irak menyebutkan sebanyak 1.500 perempuan ditahan ISIS, dan sedikitnya 500 pria telah dieksekusi saat menyerbu kota Sinjar yang dihuni sebagian besar etnis Yazidi. Demikian dilansir dari Tribunnews, Selasa (19/8).

Nay