Seekor Hiu Gigit Kabel Serat Optik Google

Seekor Hiu Gigit Kabel Serat Optik Googleilustrasi @telegraph.co.uk

Untuk membawa lalu lintas internet di seluruh dunia, Google menanamkan serat kabel optik di bawah laut. Namun belakangan kabel serat optik milik Google rusak akibat diserang oleh sekelompok ikan hiu.

Seorang manajer produk cloud dari Google mengatakan bahwa pihaknya telah bermitra dengan beberapa perusahaan di seluruh Pasifik untuk mengganti kabel serat optik dengan bahan yang terbuat dari serangkaian lapisan kevlar yang umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan rompi anti peluru agar terlindung dari gerakan yang bisa mematahkan serat kaca.

Serangan seekor hiu terhadap serat kabel optik milik Google ini terekam kamera. Tampaknya hiu tersebut menggigit kabel karena tertarik dengan medan magnet yang tercipta dari tegangan tinggi yang ada di kabel.

Seperti yang dilansir Guardian, kabel optik tersebut merupakan tulang punggung (backbone) dari internet. Karena kabel serat optik milik Google itu diketahui sebagai jalur internet di seluruh benua, dalam hal ini seluruh Pasifik. Kabel tersebut mampu mengirimkan data sampai dengan sekitar 1 Gigabyte per detik atau sekitar 100 kali lebih cepat dari kabel tembaga.

Google harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar guna melindungi infrastruktur bawah laut mereka. Setiap tahunnya Google membutuhkan lebih dari 50 perbaikan yang mana kerap rusak akibat berbagai hal termasuk kapal pukat ikan, jangkar, gempa bumi, dan tekanan air di dalam laut.

okta