Youtube Hapus Video Klip Adele

Jum'at, 20 Juni 2014 16:30
Youtube Hapus Video Klip AdeleAdele @philadelphia.cbslocal.com
Kabar mengejutkan datang dari Youtube. Situs video terbesar di dunia itu menyatakan akan menghapus video dari band-band indie label dari situsnya, termasuk klip Adele, Arctic Monkeys, dan Jack White.

[BACA: YouTube Akan Blokir Musisi Indie]

Situs video sharing Google ini telah mengonfirmasikan bahwa mesin pencarian itu kini sedang menyiapkan layanan berlangganan berbayar yang akan memungkinkan pemirsa harus membayar untuk menikmati musik dan video bebas iklan.

Sudah 90 persen musisi dan label musik menyetujui kebijakan baru ini. Namun, 10 persen lainnya dikabarkan menolak penawaran Youtube. Di antara 10 persen itu terdapat akun dari Adele, Arctic Monkeys dan Jack White serta musisi dan label independent lainnya.

Mereka menganggap rencana Vice President and Global Head of Business YouTube, Robert Kyncl meluncurkan layanan YouTube berbayar itu tidak menguntungkan bagi label-label yang punya basic independent.

Akibat dari ketidak setujuannya, label-label seperti XL Recordings yang membawahi Adela dan Domino yang membawahi Arctic Monkeys akan di 'blacklist' dari YouTube. Video-video mereka pun yang pernah masuk di YouTube langsung dipastikan menghilang.

"Kami berharap ini akan berhasil 100 persen. Kami memahami bahwa tidak mungkin tujuan ini secepat itu tercapai, makanya kami bertanggung jawab kepada pengguna kami dan juga industri untuk mencoba pengalaman baru ini," ujar Kyncl, dilansir dari Ace Showbiz, Jumat (20/6/2014).

Tentunya keputusan tersebut ditentang oleh banyak pihak termasuk para pengamat musik seperti Helen Smith yang juga merupakan kepala dari Lembaga The Independent Music Companies Association. Namun, pihak YouTube sepertinya tak bergeming.
(okta)
Komentar