7 Alasan untuk Membanting Smartphonemu Sekarang

7 Alasan untuk Membanting Smartphonemu SekarangIlustrasi @iphone5batterycase.net
Smartphone adalah salah satu perangkat yang menandai kemajuan zaman. Teknologi komputer yang dulu sedemikian besar kini diringkas ke dalam sebuah perangkat kecil yang praktis. Meskipun demikian, smartphone juga merupakan salah satu alasan penyebab kemunduran hubungan sosial, ketergantungan serta berbagai keluhan kesehatan karena terlalu sering menggunakan smartphone.

Oleh karena itu, jika kamu merasa bahwa kamu sudah menggunakan smartphone secara berlebih, mungkin kamu perlu membantingnya dan mengucapkan selamat tinggal pada smartphone. Alasan berikut ini mungkin dapat memperkuat niatanmu.

1. Smartphone menjadikan kita lebih bodoh

Menurut penelitian ilmiah, kita lebih jarang berupaya mengingat atau mempelajari materi selama kita dapat membacanya di smartphone, laptop atau tablet. Buku tulis tradisional dan buku bacaan pun semakin tergerus oleh penggunaan smartphone. Ini menjadikan otak semakin malas bekerja dan akibatnya kita menjadi semakin bodoh.

2. Smartphone adalah alasan kematian tragis yang mendadak

Kita sering menyaksikan orang yang menggunakan ponsel sembari berkendara, atau berjalan kaki sambil asyik menikmati jejaring sosial. Tentu saja dunia tidak berputar di sekitar mereka. Jalan tempat yang kejam dan bisa terjadi bahaya kecelakaan yang diakibatkan keasyikan menggunakan smartphone ini.

3. Kehidupan tiap orang lebih baik dari kita. Dan kehidupan kita menyebalkan

Efek jejaring sosial adalah, orang suka berbagi bagian yang menyenangkan dari hidupnya. Akibatnya? Kalau kita seharian membaca status Facebook atau jejaring sosial lain, rasanya orang di seluruh dunia bahagia, dan kita adalah yang paling sengsara. Terlebih lagi bila kita tak tahu apa yang harus kita bagikan kepada orang lain karena tidak ada yang menarik dalam kehidupan kita. Sebuah penelitian bahkan menyatakan secara spesifik bahwa Facebook menjadikan seseorang merasa buruk.

4. Kewajiban menjawab email

Smartphone diciptakan agar kita lebih mudah dihubungi. Akibatnya, di mana pun kita berada kita akan terdorong kewajiban tersebut. Tanpa mempedulikan apa yang tengah dilakukan, terkadang kita secara refleks membalas pesan teks, menjawab pesan dari IM, membalas email, dan berbagai hal yang semestinya tidak memerlukan tanggapan instan.

5. Kanker

Sinyal ponsel disebut memicu kanker. Penelitian ini masih diperdebatkan, akan tetapi bila ada kemungkinan kecil hal itu terjadi, maka layak alasan tersebut dimasukkan ke dalam penyebab kita boleh membanting smartphone kita.

6. Otak kita multitasking?

Dengan smartphone nampaknya kita bisa melakukan apa saja. Bekerja sembari menyapa teman, bermain game dan mendengarkan musik secara hampir bersamaan. Mungkin memang kita dapat melakukan itu. Namun kita kehilangan satu hal: kedalaman. Ahli teknologi Nicholas Carr mengungkap bahwa kita menjadi mahluk yang dangkal gara-gara terlalu sibuk memanfaatkan internet untuk melakukan berbagai hal. Kita tidak sempat menekuni sesuatu secara mendalam.

7. Mengirim pesan tidak sama dengan menemui teman

Mungkin banyak teman lama yang kembali berhubungan di Facebook. Tapi bersenda gurau dengan mereka di layar tidaklah sama dengan duduk bercakap-cakap, menatap mata teman kita sembari menikmati kopi yang disajikan di hadapan. Kita kekurangan sentuhan humanis yang menjadikan kita manusia seutuhnya bila terlalu terikat pada teknologi.
sid