Inilah Bahaya Makan Telur Mentah

Selasa, 22 April 2014 17:00
Inilah Bahaya Makan Telur Mentah4 bahaya makan telur mentah @www.lihat.co.id
Pro dan kontra pada kasus bahaya makan telur mentah masih tetap terjadi dikalangan masyarakat. Apalagi untuk para ibu hamil yang selalu berhati-hati dengan apa yang dimakannya. Sebagian memang membaca hasil penelitian yang mengatakan bahwa tidak semua telur terkontaminasi bakteri Salmonella.

Untuk masalah bakteri Salmonella tidak boleh diremehkan begitu saja. Selama kabar yang beredar mengatakan bahwa bakteri Salmonella menyerang lewat telur kita masih harus berhati-hati. Bakteri Salmonella ini mempengaruhi kehamilan, dan juga si bayi, gangguan pencernaan, serangan pada usus, hingga menyebabkan kematian.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bakteri Salmonella yang menganggu Anda:
  1. Setelah Anda membeli telur, pastikan Anda mencuci telur tersebut sampai bersih sampai tidak ada kotoran yang tersisa. Kemudia segera masukkan ke dalam lemari es.
  2. Waktu menyimpan telur dalam lemari es sebaiknya 3-4 minggu jangan sampai lebih.
  3. Masaklah telur sampai benar-benar matang, karena bakteri Salmonella akan mati jika Anda memasak telur sampai matang.
  4. Simpanlah telur yang sudah direbus didalam lemari es.
  5. Jika Anda akan membuat masakan atau kue yang mengharuskan menggunaka telur mentah sebaiknya Anda menggunaka telur yang sudah melalui proses pasteurisasi. Karena bakteri Salmonella akan mati pada temperatur yang tinggi.
  6. Jangan sampai membeli telur yang cangkangnnya pecah atau rusak. Karena resiko perpindahan bakteri pada telur yang cangkangnya rusak besar.
  7. Pastikan untuk mencuci telur sebelum dimasak
Untuk informasi, mengecek telur yang layak dimakan atau tidak sangatlah mudah. Anda cukup mencelupkan telur kedalam air. Jika telur mengambang maka telur tidak layak untuk dimakan. Namun jika telur tenggelam, berati telur itu masih layak untuk dimakan.

Memang tidak seharusnya Anda langsung panik jika Anda mendengar issue dan informasi penting. Sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu informasi tersebut. Setelah mendapatkan informasi, Anda lebih berhati-hati dalam mengolah telur.

(my)
Komentar