Cek Kondisi Kesehatan Lewat Mimpi

Rabu, 05 Februari 2014 16:00
Cek Kondisi Kesehatan Lewat MimpiIlustrasi @onlinedegreeshub.com
Dalam sebuah studi terbaru disebutkan jika mimpi mampu mengungkapkan keadaan kesehatan seseorang.

Dilansir dari DailyMail, para ilmuwan menyatakan bila diartikan secara tepat mimpi bisa menjadi petunjuk penting terhadap kesehatan seseorang. Hal ini bisa menjadi peringatan awal sebelum tubuh benar-benar sakit.

Mimpi buruk

Bila sering bermimpi buruk sebaiknya seseorang mewaspadai akan tekanan darah, jantung, migrain, dan kondisi tidurnya. Sebab, hal-hal ini ditengarai bisa memicu mimpi buruk. Terlebih bagi orang-orang yang mengonsumsi pil tekanan darah. Sebagaimana diungkapkan Profesor Jim Horne, ahli tidur dari Universitas Loughborough, yang mengatakan bahwa bahan kimia dalam obat tidur bisa juga memicu mimpi buruk. Selain itu, serangan jantung dan nyeri dada masuk di dalamnya.

Mimpi tidak biasa

Para ahli memperkirakan jika penyebab mimpi tidak biasa adalah terlalu panas atau dingin di malam hari, perubahan hormon, sakit kronis, atau penggunaan obat antidepresan. Profesor Horne mengatakan suhu yang terlalu panas atau dingin saat seseorang tidur bisa mempengaruhi mimpi yang berarti seseorang akan bisa mengingat mimpinya sendiri. Untuk itu, perlu cuaca kamar yang mendukung. Namun, di satu sisi, perlu diwaspadai juga hal lain. Soalnya, fluktuasi hormon wanita juga bisa menyebabkan mimpi tidak biasa.

Mimpi bangun lebih awal

Faktor penyebabnya ditengarai kelebihan berat badan, stres, depresi, dan memakan makanan berlemak. Hal ini lantaran makanan berlemak memiliki kecenderungan tinggal di dalam perut lebih lama. Sehingga, katup antara perut dan kerongkongan tertekan dan mengakibatkan naiknya asam lambung. Jelas ini memicu mulas atau mual. Bila sudah begini, seseorang akan terbangun dari mimpi di awal tengah malam.

Mimpi diserang

Dokter Oscroff mengungkapkan jika seseorang mengalami mimpi diserang oleh seseorang atau sesuatu merupakan tanda awal gangguan saraf. Seperti alzheimer atau parkinson. Kondisi ini disebut gangguan perilaku tidur REM. Karena, terjadi kerusakan pada bagian otak yang mengontrol mimpi "switch pengaman", sehingga mencegah seseorang bertindak dari luar mimpi.

Mimpi berhubungan seksual

Biasanya seseorang yang bermimpi tentang berhubugngan seksual itu berarti usianya bertambah. Namun, kata psikolog Ian Wallace, tidak selalu begitu. Mimpi melakukan hubungan seksual merupakan tanda seseorang bertambah kreativitasnya.

Seperti dijelaskan Ian berikut ini, "Banyak dari klien saya berusia 60-an dan 70-an melaporkan memiliki ini. Anehnya , mereka tidak benar-benar mewakili apa-apa tentang kehidupan seks mereka, tetapi terhubung ke peningkatan tingkat kreativitas."

Ini lantaran para pensiunan sering mengambil hobi baru saat pensiun.
(lpap)
Komentar