Perdana Menteri Turki Berpidato dengan Hologram Raksasa

Perdana Menteri Turki Berpidato dengan Hologram RaksasaHologram PM Tayyip Erdogan @abcnews.com
Lupakan konferensi video ?ketika Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan tidak dapat menghadiri rapat rutin, dia hadir di antara kerumunan dengan memproyeksikan hologram dirinya setinggi 10 kaki di langit. Jadi nampak sosok raksasa Erdogan yang tengah memberikan pidato kepada khalayak massa menampilkan kesan agung dan indah. Ini seolah film-film sains fiksi yang sering kita tonton ketika masih kanak-kanak dulu.

Citra berwarna biru kehijauan dari sang Perdana Menteri disorotkan saat pertemuan yang berlangsung di Izmir pada tanggal 26 Januari 2014 yang lalu. Hurriyet Daily News sebagaimana dilansir Infospesial memberitakan bahwa Erdogan memberikan pidato tentang bagaimana mengatasi korupsi di pemerintahan kota.

Ini bukan pertama kalinya seorang politisi tampil dalam sebuah hologram. Di tahun 2012 yang lalu, seorang politisi India, Narendra Modi secara simultan menyampaikan pidato lewat hologram di 53 lokasi yang berbeda di 26 kota sepanjang Gujarat, sebagaimana diberitakan oleh Indian Express.

Meskipun dikenal sebagai pemilik teknologi yang canggih, Amerika Serikat nampaknya belum pernah melakukan kebiasaan seperti ini. Padahal ini merupakan salah satu cara yang menarik untuk mendapatkan perhatian serta juga menghemat biaya.

Ini nampaknya bisa jadi pelajaran yang bagus bagi para caleg kita yang sibuk berkampanye untuk pemilu 2014 ini. Apabila dapat menggunakan teknologi hologram ini, maka Caleg akan menghemat biaya keliling Indonesia yang pasti menelan budget yang tidak sedikit. Menggunakan hologram termasuk salah satu hal kreatif yang pasti juga meningkatkan popularitas dari politisi tersebut.
sid